Gubernur Dan Bupati/Walikota Laksanakan Pembangunan Dalam Satu Irama

MUNTOK - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung,  Erzaldi Rosman bersama-sama dengan Bupati/Walikota menggelar Rapat Koordinasi Gubernur dan Bupati/Walikota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018 bertempat di Wisma Ranggam Muntok Kabupaten Bangka Barat pada hari Rabu (08/08).

Acara rapat koordinasi yang dikemas seperti zaman dahulu tersebut mengagendakan penandatanganan kesepakatan dari hasil rapat teknis yang mengangkat tujuh isu strategis pembangunan. Dengan adanya kesepakatan ini,  provinsi dan kabupaten/kota telah satu irama dalam melaksanakan arah pembangunan. 

Gubernur yang didampingi oleh Wakil Gubernur,  Sekretaris Daerah dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengungkapkan rapat koordinasi merupakan wadah untuk saling bersinergis dalam menyusun arah pembangunan. "Forum ini juga menjadi momentum untuk lebih mengakrabkan diri serta dapat memberikan manfaat kepada masyarakat," lanjut Gubernur. 

Gubernur meyakini sebagai provinsi kepulauan, Bangka Belitung memiliki potensi ekonomi baik di darat maupun di laut. "Oleh sebab itu saya berharap seluruh potensi tersebut dapat kita kelola bersama-sama secara baik," ungkap Gubernur. 

Gubernur mengatakan bahwa bahwa daerah harus lebih arif dan bijaksana untuk mengelola potensi tersebut agar pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dapat diraih.

Salah satu agenda yang diangkat dalam rakor tersebut adalah dukungan terhadap pengembangan pariwisata. Gubernur berharap kawasan atau daerah wisata dapat ditunjang oleh Penerangan Jalan Umum (PJU) selain dukungan infrastruktur lainnya.  "Oleh sebab itu dalam pengadaan PJU, provinsi dan kabupaten/kota perlu bersinergis supaya tidak saling tumpang tindih dalam pelakaanaannya," harap Gubernur. 

Selanjutnya Gubernur membeberkan informasi bahwa pemerintah pusat akan meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Gunung dan Pantai Timur Bangka pada bulan September 2018 nanti. "Maka kabupaten yang wilayahnya diresmikan sebagai KEK harus mempersiapkan secara matang pelimpahan kewenangan untuk kawasan tersebut," papar Gubernur. 

Dalam rakor Gubernur dan Bupati/Walikota tersebut,  gubernur dan para bupati/walikota menyepakati tentang intervensi gizi spesifik dan sensitif untuk mengurangi kematian ibu dan anak.  Untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA), provinsi dan seluruh kabupaten/kota berkomitmen untuk merencanakan dan mengelola TPA Regional serta membina Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) untuk mengelola Tempat Pembuangan Sampah,  Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R). 

Dalam hal pengembangan sektor pariwisata,  provinsi dan kabupaten/kota bersepakat untuk melakukan promosi bersama dengan melibatkan maskapai penerbangan nasional serta menyepakati kalender even pariwisata dan budaya berskala nasional dan internasional melalui mekanisme cost sharing. Kemudian sepakat melakukan pemasaran pariwisata bersama di wilayah regional Sumatera. 

Selanjutnya provinsi dan kabupaten/kota sepakat untuk menindaklanjuti secara nyata pembangunan pelabuhan di 48 titik yang tersebar di 7 kabupaten/kota serta mempercepat penyampaian Raperda Rencana Zonasi Wilayah Pulau Pulau Pesisir Kecil (RZWP3K) ke DPRD. Kesepakatan lainnya adalah intervensi bersama-sama untuk pengendalian banjir, pembangunan IT serta percepatan pelaksanaan bantuan keuangan provinsi kepada kabupaten/kota. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ahmad Fauzan Syahzian