Gubernur Dukung Penuh Rumah Sehat Baznas

PANGKALPINANG -- Pada Rabu (10/1/2018) pagi, Pengurus Rumah Sehat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pangkalpinang, melakukan audiensi dengan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung  Erzaldi Rosman, di Ruang Kerja Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Dalam kesempatan tersebut Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengucapkan terima kasih terhadap upaya dan usaha Rumah Sehat Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Pangkalpinang yang telah membantu pelayanan kesehatan kurang mampu. 

"Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat mendukung program Baznas. Dan saya mengucapkan terima kasih serta apresiasi terhadap program Rumah Sehat Baznas selama ini yang sangat peduli dengan saudara-saudara kita yang kurang mampu," ujar Gubernur Erzaldi, saat menerima audiensi. Bahkan, gubernur meminta pihak Rumah Sehat Baznas Pangkalpinang langsung melaksanakan program layanan kesehatan kepada masyarakat kurang mampu.

Menurut Gubernur suatu lembaga yang mempunyai niat baik tidak perlu memperoleh izin. :"Siapa saja yang mau berbuat baik dan untuk kepentingan masyarakat Bangka Belitung, saya dukung” tegas Gubernur.

Namun demikian untuk memberikan payung hukum kepada Baznas Babel, Gubernur menginisiasi pembuatan MoU antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Rumah Sehat Baznas Pangkalpinang terkait pelaksanaan program hingga teknis program. Sehingga kesepakatan ini nantinya bisa mempermudah Baznas Pangkalpinang dalam pelaksanaan program tersebut dimanapun di wilayah Bangka Belitung ini.

"Setelah MoU dan payung hukumnya selesai, agar segera dipublikasi dan diinformasikan kepada seluruh masyarakat Babel, sehingga masyarakat luas mengetahui Program Mitra Keluarga Pra Sejahtera Rumah Sehat Baznas Pangkalpinang, dan mempermudah dalam kerjasama dengan tenaga kesehatan setempat," tegas Gubernur Erzaldi. 

Rombongan Pengurus Rumah Sehat Baznas Pangkalpinang  dipimpin dr Julian Adriansyah. Dalam pertemuan tersebut Pengurus Rumah Sehat Baznas meminta dukungan Gubernur Babel Erzaldi Rosman terkait Program Layanan Kesehatan Bagi Masyarakat yang kurang mampu, Terpencil dan terisolir di wilayah Bangka Belitung.

“Kedatangan kami menghadap bapak adalah untuk memohon dukungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atas salah satu Program Kami yaitu Program Mitra Keluarga Pra Sejahtera, di mana Program ini merupakan kegiatan di lapangan bekerjasama dengan tenaga kesehatan di sekitar Masyarakat yang kita bantu itu tinggal," ujar  Deddin Irsyadilah, salah satu Pengurus Rumah Sehat  Baznas Pangkalpinang.

Program ini, kata Deddin, muncul ketika Program JKN bagi masyarakat yang kurang mampu itu dialihkan ke BPJS. Sedangkan masyarakat khususnya yang tinggal di daerah pelosok dan terpencil yang belum punya BPJS terkendala akses mengurus dan pembayaran BPJS. "Untuk itu Rumah Sehat Baznas Pangkalpinang membantu memberikan Layanan Kesehatan kepada mereka dan itu Baznas yang biayai," kata Deddin.

Berkaitan dengan hal tersebut, dr Julian memohon dukungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk memberikan rekomendasi sehingga akan mempermudah dalam berkoordinasi dengan pihak terkait di wilayah yang akan diberikan layanan kesehatan, khususnya pemberian izin kepada Puskesmas dan Dinas Kesehatan setempat untuk meminta kerjasama petugas kesehatan masing-masing.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Tim Komunikasi Gubernur