Gubernur Fokus Selenggarakan Event Internasional Untuk Memajukan Pariwisata Babel

SUNGAILIAT -- Bukan perkara mudah menjadikan pariwisata sebagai andalan perekonomian bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Perlu langkah kreatif dan inovatif Gubernur beserta perangkat daerah serta dukungan aktif dari masyarakat Bangka Belitung.

Untuk mempercepat pembangunan dan pertumbuhan pariwisata Babel, berbagai terobosan dan langkah dilakukan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2018.

Langkah strategis tersebut diantaranya dengan menggelar berbagai even skala nasional dan internasional sehingga  banyak wisatawan akan berkunjung ke Bangka Belitung. Tentu dengan banyaknya wisatawan ini akan berdampak terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat secara luas.

Untuk mewujudkan langkah tersebut, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menggelar rapat terbatas (Ratas) dengan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertempat di Cafe Batu Bedaun, kawasan Pantai Batu Bedaun, Sungailiat - Kabupaten Bangka pada Selasa, 2 Januari 2018.

Rapat yang digelar tersebut membicarakan berbagai program dan kegiatan terkait pengembangan pariwisata di Babel, terutama kesiapan dan langkah nyata OPD terkait dengan even-even yang bakal digelar dalam satu semester  tahun 2018.

Gubernur meminta Kepala OPD agar lebih proaktif untuk mecari dan melaksanakan even berskala nasional maupun internasional yang pelaksanaannya dapat digelar di Negeri Serumpun Sebalai. 

"Ada Festival Seni Budaya Islam, dan even Dunia Melayu Dunia Islam. Pada kegiatan ini kita undang negeri-negeri melayu seperti Brunei Darusalam, Thailand, Malaysia dan Singapura. Kita juga mengundang provinsi-provinsi yang bercirikan melayu," ujar Gubernur.

Selain festival seni budaya Islam, even nasional dan internasional yang sedang disiapkan antara lain Air Show, yang akan melibatkan para penerjun payung dari luar negeri.

"Momen ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, agar wisata Babel dapat maju," kata Gubernur.

Terkait dengan teknis pelaksanaan Air Show di Babel, Gubernur minta kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membicarakan segala keperluan terkait even Air Show kepada Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Adi Sucipto Yogyakarta, sebagai pihak yang lebih banyak memahami even tersebut. Para peserta dari kegiatan ini bisa dari Yogyakarta atau sekolah penerbangan lainnya.

"Jadi mereka yang hadir sebagai peserta atau sebagai tim teknis dapat berwisata ke Babel. Dengan berwisata tentunya akan memberikan dampak bagi perekonomian masyarakat," ujar Gubernur.

Rapat yang digelar dalam suasana hembusan angin laut dan debur ombak ini juga untuk melihat langsung potensi pengembangan objek wisata Pantai Batu Bedaun yang perlu dikelola secara maksimal.

Hadir dalam rapat terbatas itu yaitu Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi, Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung K. A. Tajuddin, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung A Rivai, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Suharto, Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ellyana, Kepala BKPSDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sahirman, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Pembangunan Drs Marwan, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka Asep, Staf Khusus Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Bambang Ari Satria.

"Saya minta sudah ada laporan yang progresif. Kita ingin kegiatan-kegiatan ini dilaksanakan secara baik, sehingga bisa berdampak terhadap kemajuan Provinsi Babel, utamanya sektor pariwisata," harap Gubernur.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Tim Komunikasi Gubernur