Gubernur: Gunakan Listrik Dengan Bijak

Pongok - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H. Erzaldi Rosman melakukan kunjungan kerja ke Desa Pongok dalam ranka meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), Selasa (04/10/2017). Kunjungan kerja Gubernur didampingi Kapolda Bangka Belitung, Brigadir Jenderal Polisi Syaiful Zachri dan disambut langsung Bupati Bangka Selatan, H. Justiar Noer di Lapangan Bola Desa Pongok.

Ketersediaan pasokan listrik dapat mendorong percepatan peningkatan pertumbuhan ekonomi suatu daerah serta dapat memberi perubahan berarti bagi masyarakat dan para pelaku usaha. Untuk mewujudkan langkah tersebut, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan PLN Wilayah Babel telah membangun PLTD agar ketersediaan listrik dapat mencukupi kebutuhan masyarakat Kecamatan Pongok.

"Dengan adanya ketersediaan pasokan listrik diharapkan akan membawa perubahan yang mendasar bagi kehidupan masyarakat setempat menuju arah lebih baik," ungkap Gubernur saat meresmikan Program Penyalaan  PLTD di Kepulauan Pulau Pongok.

Gubernur juga menyampaikan demi kesejahteraan masyarakat Pulau Pongok, dalam waktu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun pabrik pembekuan ikan untuk disimpan di dalam suhu rendah (cold storage). Hal tersebut mempertimbangkan karena Pulau Pongok telah ditetapkan sebagai wilayah Marine Park yaitu kawasan penghasil hasil laut di Bangka Belitung.

Pembangunan cold storage bagi masyarakat wilayah pesisir yang menggantungkan mata pencaharian dilaut sangat vital untuk menjaga kualitas tangkapan hasil laut nelayan. Dan Pemerintah Daerah telag merencanakan untuk membangun pabrik tersebut. Dan pemenuhan kebutuhan listrik wajib dipenuhi agar cold storage dapat bermanfaat dan akan dikelola sendiri oleh masyarakat itu sendiri .

"Bentar agik di sine nek dibangun pabrik pembekuan ikan (sebentar lagi disini akan dibangun pabrik - Red) jadi hasil tangkapan para nelayan yang belum terjual dapat di simpan dulu dan dapat di jual kembali dengan harga normal dengan tidak mengurangi kualitas hasil tangkapan," papar Gubernur.

Selanjutnya, Gubernur juga mengungkapkan bahwa diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan listrik dengan bijak sesuai kebutuhan dan keadaan ini diharapkan dapat menjadi suatu anugerah bagi kita yang dapat memberikan suatu kebaikan untuk semua sendi kehidupan.

"Saya melihat warga disini sudah banyak membeli kulkas dan saya berharap manfaatkan listrik secara tepat dan asas manfaat," ujar Gubernur.

Setelah selesai meresmikan PLTD, Gubernur bersama rombongan melihat langsung kesiapan pengoperasian pembangkit listrik yang mensuplai pasokan listrik 24 jam/hari untuk kebutuhan pulau ini, kemudian bersama warga setempat makan siang di tempat peresmian listrik.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Erwin/Firmansyah
Fotografer: 
Firmansyah