Gubernur Harap Penyuluh Pertanian Bangkitkan Kejayaan Lada

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengundang seluruh Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) yang terdiri dari penyuluh pertanian, perikanan, kehutanan dan peternakan serta penyuluh dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Pertemuan itu dilakukan untuk menyamakan persepsi antar penyuluh serta upaya apa yang harus dilakukan untuk mengembalikan kejayaan lada di Bangka Belitung. Untuk itu Gubernur Erzaldi minta agar semua TPL sudah dibagi wilayah tugasnya baik TPL Disperindag maupun yang di Dinas Pertanian.

"Harus ada singkronisasi, contoh ketika kita bicara lada, ada penambahan mutu, ada peningkatan mutu, ada peningkatan cara penanganan lada, semua harus bergerak. Apabila bicara TPL pertanian mereka harus memahami bagaimana cara menanam lada secara baik dan benar serta mencari tim TPL di kabupaten masing-masing," ujar Erzaldi saat memberikan arahan kepada penyuluh di Ruang Rapat Tanjung Pendam (12/2).

Gubernur Babel juga berharap dengan adanya tenaga penyuluh lapangan di setiap desa dapat memberikan manfaat kepada petani serta memberikan informasi kepada petani dari menanam, memelihara, dan panen.

"Penyuluh pertanian harus mengetahui kondisi di lapangan seperti nama petani, luas kebun lada yang dimiliki oleh petani, bahkan penyuluh harus mengetahui berapa jumlah batang lada yang sehat dan yang sakit, umur lada serta akan menghasilkan panen berapa banyak," lanjut Gubernur.

Supaya dapat memantau kinerja penyuluh di lapangan, gubernur mengarahkan agar TPL memiliki Grup WhatsApp. Hal itu bertujuan supaya hasil kerja di lapangan dapat segera dilaporkan baik berupa foto, hasil pertemuan dengan petani, ataupun masalah yang ada di lapangan.

Gubernur juga menyarankan agar penyuluh dapat menghabiskan waktu lebih lama untuk bekerja di lapangan ketimbang di kantor.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Irwanto