Gubernur Instruksi Langsung Koordinator Darurat Bencana Banjir Provinsi

GANTUNG, BELITUNG TIMUR - Gubernur mengatakan bahwa Provinsi akan menurunkan anggaran setidaknya 1 Milyar agar perbaikan segera dilakukan untuk ruas jalan dan jembatan yang rusak akibat banjir. Setidaknya terdampat empat ruas jalan dan 2 jembatan yang terdata mengalami kerusakan parah akibat Bencana Banjir yang melanda Belitung pekan lalu.

Tidak hanya anggaran dari Provinsi Bangka Belitung saja, anggaran dari Kabupaten Belitung Tmur pun akan diturunkan untuk perbaikan sesuai kapasitas masing-masing. “Akan dijelaskan tanggungjawab masing-masing melalui Surat Keputusan dari Bupati dan Gubernur langsung.” Ungkap Erzaldi, Gubernur Babel saat berkoordinasi tindak lanjut pemulihan pasca banjir bersama Bupati Belitung Timur dan beberapa jajarannya.

Untuk pembangunan ulang beberapa fasilitas umum ini, Gubernur mengintruksikan bahwa jika bangunan semi permanen menghabiskan biaya lebih dari 40%, maka harus dibangun permanen. Sebab gubernur tidak ingin pembengkak biaya akibat pembangunan berulang-ulang.

Yan Megawandi selaku Koordinator Darurat Bencana Banjir saat ditemui di bendungan Pice(19/07/2017) menjelaskan beberapa hal, diantaranya pertama bahwa terdampak bencana dalam kondisi tidak ada yang mengkhawatirkan, kedua bagi korban-korban yang saat ini belum bisa pulang kerumah masing-masing terlayani dengan baik ke lokasi-lokasi penampungan sementara, kemudian yang ketiga bersamaan dengan ini pihaknya terus mengevaluasi apa saja kerusakan yang terjadi dan bagaimana melakukan pemulihan terhadap kerusakan-kerusakan dalam jangka pendek.

Seperti membuka jalan, melakukan rekontruksi pasca bencana juga berangsur dilakukan menurut Sekretaris Daerah Provinsi Bangka Belitung ini. Selain itu, Gubernur mengintruksikan beberapa hal termasuk tahapan-tahapan pemulihan untuk segera dilaksanakan bersama-sama dengan unsur dari Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Pusat terkait.

“Secepat yang kita mampu, akan kita lakukan. Makin cepat maka makin baik” Ungkap Yan Megawandi. Artinya menurutnya tidak perlu menunggu Masa Tanggap Darurat yang berakhir 28 Juli mendatang sesuai instruksi Gubernur.

Khusus untuk Pasar Gantung, lokasi yang tergenang air sudah tidak terlalu tinggi seperti hari pertama. Beberapa akses jalan sudah terbuka dan bisa dilalui sehingga dalam waktu dekat pemulihan masyarakat bisa segera dilakukan.

Yan megawandi juga mengatakan bahwa yang lebih penting dari semua adalah melakukan rekonstruksi, sehingga siap kedepannya jika kembali terjadi sebab areal yang terkenan dampak ini sangat luas.

Terkait anggaran yang akan diturunkan untuk pemulihan ini diantaranya, Dinas Pekerja Umum yang akan memperbaiki beberapa ruas jalan, juga dana tidak terduga dari Provinsi dan menghimbau partisipasi dari para pengusaha di Babel untuk membantu masyarakat dan infrastruktur serta sumber anggaran dari APBN.

“Kabupaten dan Provinsi bersama-sama akan mengarahkan bagaimana secepatnya bisa memulihkan kondisi.” Yan Megawandi menjelaskan. Serta beberapa kemungkinan yang akan dilakukan secara terpadu adalah, merelokasi pemukiman warga.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp