Gubernur: Jadikan Moment 1 Muharam untuk Tingkatkan Kualitas Diri

SUNGAILIAT--Tahun Baru 1 Muharam 1440 Hijriah hendaknya menjadi momentum intropeksi diri dan spirit bagi umat Islam dan komponen bangsa untuk melakukan perubahan, dan meniatkan untuk menjadi lebih baik lagi pada tahun depan demi kemaslahatan bangsa dan kesejahteraan masyarakat.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, mengajak umat muslim dan seluruh masyarakat Bangka Belitung agar menjadikan Tahun Baru 1 Muharam 1440 Hijriah sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri serta media untuk introspeksi dan memperbanyak syukur atas nikmat dan karunia yang diberikan Allah SWT.

"Melalui momen 1 Muharam ini mari introspeksi diri atas apa yang telah kita dilakukan dan kita perbuat untuk diri dan untuk orang pada tahun sebelumnya. Kita kuatkan niat agar kedepan dapat menjadi lebih baik lagi dari tahun sebelumnya," kata Gubernur saat perayaan 1 Muharam 1440 Hijriah di Masjid Almuminun Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Selasa (10/9/2018).

Selain intropeksi, lanjut Gubernur, hal yang harus dilakukan adalah untuk memaknai perayaan 1 Muharam ini dengan memperbanyak syukur.

"Mari kita perbanyak syukur atas karunia dan rahmat yang diberikan Allah kepada kita selama ini. Dengan syukur, maka Allah akan memperbanyak nikmat kepada kita," ujarnya.

Gubernur mengungkapkan, semangat dan perayaan 1 Muharam seperti yang dilakukan oleh masyarakat Kenanga harus terus dipelihara dan dikembangkan sebagai media pengingat dan silaturahmi.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur juga mengajak untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu serentak 2019. " Mari kita jaga keutuhan dan kedamaian daerah kita. Jangan kita terprovokasi. Jangan menjelek-jelekkan dan mencari kekurangan orang lain. Mari kita wujudkan pemilu 2019 pemilu yang damai," harapnya.

Sementara itu Ustadz Solmed dalam tausiyahnya mengajak umat untuk tidak melupakan sejarah.

"Sejarah itu sebagai penunjuk jalan hidup kita. Jangan pernah meninggalkan masa lalu karena itu bagian sejarah. Untuk itu, mari kita belajar dari sejarah agar kita menjadi lebih baik lagi. Masa lalu harus dilihat. Kalkulasikan diri saat ini, agar kita tahu apa yang kurang sehingga dapat diperbaiki kekurangan itu," papar Ustadz Solmed.

Dia juga mengajak untuk memperbanyak syukur atas nikmat yang telah diberikan sang pencipta, Allah SWT.

Sementara Bupati Bangka Tarmizi Saat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Kenanga yang setiap tahun merakan Tahun Baru Islam 1 Muharam.

"Melalui momen 1 Muharam ini kita refleksi sikap dan perbuatan kita selama ini. Untuk itu kedepan harus menjadi lebih baik. Harus ada perubahan, sikap dan cara berpikir," ujarnya.

Kegiatan perayaan 1 Muharam di Kelurahan Kenanga menjadi perhatian masyarakat. Mereka bersilaturahmi ke rumah warga, yang memang menyiapkan aneka menu makanan bagi para tamu.

Selain dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, perayaan 1 Muharam juga dihadiri Kapolda Bangka Belitung, sejumlah anggota Komisi l dan Komisi VII DPR-RI, Agus Harimurti Yudhoyono, anggota DPRD Babel dan Kabupaten Bangka serta tokoh agama serta KH. Zainal Bahrin, keturunan Depati Amir.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Mamaq
Fotografer: 
Mamaq