Gubernur : KUA dan PPAS Jadi Arah dan Pedoman Organisasi Perangkat Daerah

PANGKALPINANG, Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung hadir dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan agenda Penyampaian Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun Anggaran 2018, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Babel, Jumat (22/09/2017). KUA dan PPAS ini disampaikan langsung oleh Gubernur Babel kepada Pimpinan DPRD Babel, Didit Srigusjaya.

Penyampaian RKUA dan RPPAS ini merupakan tahapan dalam penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah sesuai amanat peraturan dan perundangan. Rancangan KUA ini berisi tentang kondisi Ekonomi Makro Daerah, Asumsi Penyusunan APBD, Kebijakan Pembiayaan Daerah dan Strategi Pencapaiannya. Sedangkan PPAS memuat penentuan skala prioritas program masing-masing urusan dan penyusunan plafon anggaran sementara untuk masing-masing program/ kegiatan.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menyampaikan beberapa hal dalam penyusunan KUA ini, diantaranya KUA disusun untuk menjadi pedoman dalam mengarahkan sumber fiskal daerah agar target-target pembangunan tercapai, serta sebagai landasan dalam penyusuan PPAS. “PPAS akan menjadi arah atau pedoman bagi seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Babel untuk Tahun Anggaran 2018,” tegas Gubernur.

Gubernur juga menyampaikan Tema Pembangunan Daerah Tahun Anggaran 2018, yaitu “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Menuju Pembangunan Ekonomi Yang Mandiri Berbasis Agribahari dan Berdaya Saing”. Kebijakan Belanja Daerah yang diusulkan ini diatur dengan pola pembelanjaan yang proporsional, efisien dan efektif dengan mempertimbangkan program prioritas pembangunan Bangka Belitung yang telah diarahkan.

“Sasarannya adalah Pembangunan Makro dengan capaian Pertumbuhan Ekonomi 6,25%, Kemiskinan 4,42% dan Pengangguran 2,1%,” tambah Gubernur.

Gubernur menyampaikan harapan agar ada sinergi dan kerjasama yang baik antara Eksekutif dan Legislatif dalam membangun Kepulauan Bangka Belitung. “Saya menyadari, sebaik apapun program kegiatan yang telah disusun tidak akan berhasil tanpa dukungan seluruh pihak,” ungkap Gubernur diakhir sambutan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp