Gubernur Lantik Dewan Rempah

Pangkalpinang---Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Roesman melantik pengurus Dewan Rempah, bertempat di Hotel Novotel Pangkalanbaru, Bangka Tengah pada Rabu (4/10/2017). Pelantikan tersebut bertepatan dengan hari lada (pepper day).

Usai melantik Dewan Rempah, Gubernur menyampaikan bahwa hingga saat ini lada merupakan komoditi unggulan yang dihasilkan para petani Babel yang harus terus ditingkatkan baik dalam aspek kualitas maupun kuantitas.

"Lada merupakan komoditi unggula kita,, oleh karena itu kita harus tingkatkan kualitasnya jangan sampai negara Vietnam yang sebelumnya belajar dari kita menjadi terbalik sekarang mereka yang lebih baik dari kita," ujar Gubernur.

Gubernur mengungkapkan hal tersebut karena adanya sikap mudah puas oleh masyarakat Babel sehingga tidak melakukan inovasi baru dalam meningkatkan kualitas.

"Masyarakat kita kalau sudah mendengar produk kita menjadi unggulan diluar sana. Mereka sudah merasa puas dan tidak melanjutkan untuk terus meningkatkan kualitas sehingga Vietnam bisa lebih maju dari kita," kata Gubernur.

Dengan terbentuknya Dewan Rempah, Gubernur berharap bisa menjadi salah satu solusi untuk mensejahterakan para petani lada Babel serta dapat menstabilkan harga lada yang ada di Bangka Belitung.

"Sekarang petani masih belum sejahtera dan dewan rempah dapat mengetahui bagaimana caranya para petani ini bisa sejahtera dan  harga lada dapat dikendalikan. Jangan hanya menguntungkan pengusaha dan memikirkan pemasaran saja, tapi bagaimana tentang prmanfaatan tekologi dan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas lada," tutur Gubernur.

Gubernur juga menambahkan untuk memberikan solusi dalam permasalahan harga lada di Bangka Belitung akan segera diterapkan sistem resi gudang dan akan dimulai pada bulan November 2017.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nita