Gubernur: Mahasiswa Menjadi Pendorong Pembangunan Di Babel

Balun Ijuk – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menjadi pembicara pada acara Diskusi Panel Bersama Mahasiswa dari Perguruan Tinggi se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berlangsung di Aula Kampus Universitas Bangka Belitung, Rabu (04/10/2017). Hadir pada kesempatan tersebut Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Danrem 045 Garuda Gaya, Danlanal Kepulauan Bangka Belitung, serta akademisi dari Perguruan Tinggi se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Diskusi Panel tersebut mengangkat tema kebangsaan, radikalisme dan pembangunan. Di hadapan ratusan mahasiswa, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengangkat pembangunan di Bangka Belitung. Gubernur menyampaikan bahwa semua pihak harus terlibat dalam pembangunan di Bangka Belitung, dan mahasiwa menjadi pelopor terdepan untuk mendorong dan menggerakkan pembangunan.

“Saya menganggap penting diskusi ini karena saya ingin menjelaskan bahwa pembangunan akan berjalan sesuai target jika kita mampu bergerak bersama-sama. Oleh karena itu endorse yang paling mengena adalah mahasiswa karena dengan semangatnya mahasiswa mampu menjadi penggerak pembangunan di Bangka Belitung,” jelas Gubernur.

Gubernur mengingatkan bahwa mahasiswa harus mampu menjawab tantangan bagaimana supaya Bangka Belitung dapat menjadi daerah yang sejajar dengan provinsi lainnya. Pasalnya Bangka Belitung seperti hidden island yang masih dipandang sebelah mata karena usianya yang masih belia.

“Bangka Belitung merupakan provinsi muda tapi masih seperti hidden island, pulau yang tersembunyi. Saking dak keliet e, Program Skala Nasional (PSN) yang berhubungan dengan Bangka Belitung masih minim. Beruntung kita menjadi tuan rumah IMT GT sehingga momentum tersebut dapat kita manfaatkan untuk memperkenalkan Bangka Belitung serta mengusulkan program dan kerjasama dengan negara Malaysia dan Thailand,” jelas Gubernur.

Gubernur juga menjelaskan tentang potensi laut Bangka Belitung yang dapat memberikan manfaat yang besar apabila dibangun pelabuhan. “Laut kita sangat cocok untuk dibangun pelabuhan, tidak perlu dikeruk lagi karena kedalamannya sudah layak (untuk dibangun pelabuhan), tinggal secepatnya kita realisasikan,” ungkap Gubernur.

Gubernur juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengembangkan program sektor pertanian dengan melakukan kerjasama penelitian dengan Universitas Bangka Belitung. “Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mempersiapkan sarana dan prasarana pertanian. Daerah Pelempang akan dibuat jalan arteri yang melewati Universitas Bangka Belitung dan mahasiswanya akan melakukan penelitian disana tentang pengembangan lada dan pemanfaatan lahan bekas tambang,” kata Gubernur.

Selanjutnya, Gubernur mengingatkan pentingnya menjaga kekompakan dan memahami sejarah serta memerangi radikalisme yang dapat menganggu persatuan dan kesatuan bangsa.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ahmad Fauzan Syahzian