Gubernur : Mari Bangun Babel dengan Kebersamaan

KELAPA, BANGKA BARAT - Kali ini giliran jamaah Masjid Shirothol Mustaqim Kelapa Kabupaten Bangka Barat mendapat kunjungan rombongan Safari Ramadan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (19/6/2017). Selain menjalin tali silaturahim, kegiatan ini juga menjadi ajang pemimpin untuk menyampaikan program dan menyerap aspirasi masyarakat di tingkat desa.
 
Erzaldi Rosman Gubernur Bangka Belitung mengajak masyarakat membangun Babel dengan kebersamaan. Selain itu, dibulan yang penuh berkah ini masyarakat diminta untuk memperbanyak ibadah dan menahan hawa nafsu untuk tidak membeli sesuatu secara berlebih-lebihan karena akan mempengaruhi tingkat inflasi yang tinggi di Babel.
 
"Di bulan ramadhan ini mari kita bangun Bangka Belitung ini dengan kebersamaan dan perbanyak ibadah. Semoga diramadhan ini kita bisa belajar kebersamaan dan melakukan ibadah dengan baik dan benar," ucap Erzaldi dihadapan jamaah Masjid Shirothol Mustaqim Kelapa, Senin (19/06/17) malam.
 
Bulan Puasa dan menjelang lebaran, tingkat inflasi di Babel biasaya cukup tinggi. Menurutnya, inflasi yang tinggi ini tak lepas dari kebiasan masyarakat yang belum bisa menjaga hawa nafsu untuk membeli apa saja untuk berbuka. Kebiasaan ini menjadi kebiasaan yang keliru dan harus dirubah serta dikelola agar tidak melakukan sesuatu yang mubazir.
 
"Allah menciptakan kekayaan dan kecukupan. Ini kunci untuk mengendalikan nafsu. Karena nafsu lah yang membuat kita serba kurang/ serba tidak mencukupi," tambahnya.
 
Disamping untuk bersilaturahim, kesempatan ini dimanfaatkan Gubernur untuk menyampaikan program pemerintah terkait lada dan karet. Erzaldi menjelaskan untuk membantu petani lada, pemerintah akan segera membentuk koperasi petani lada. Koperasi ini lah yang akan membeli dan menampung lada petani. Koperasi ini akan menjual lada langsung kepada konsumen atau pembeli lada dunia.
 
"Lada petani akan ditampung oleh Koperasi petani lada. Paling lama bulan Desmber sudah lakukan ekspor pertama. Kedepan, Anggaran Dana Desa (ADD) setiap desa akan ditambah untuk beli sapi, bibit sahang, dan junjung. Tai sapi dan air kencing nanti akan digunakan untuk pupuk bagi lada," jelasnya.
 
Sedangkan untuk Karet untuk meningkatkan harga jualnya, Erzaldi menghimbau agar para petani untuk tidak lagi menggunakan tawas, namun menggunakan asam semut. Mulai Februari nanti, tidak ada lagi petani yang menggunakan asam semut.
 
"Mari tingkatkan poduksi dengan biaya yang rendah sehingga keuntungan petani menjadi besar," harapnya.
 
Sebelumnya, Parhan Ali Bupati Bangka Barat mengatakan bahwa bulan ramadhan tinggal 5 hari lagi. Mudah-mudahan kita semua bisa menjalankan ibadah puasa sampai akhir ramadhan. Masyarakat harus meningkatkan ketaqwaannya kepada Allah SWT.
 
"Tingkatkan ibadah dan taqwa di bulan yang penuh berkah ini. Selain puasa, ramadhan juga harus diisi dengan ibadah lain seperti membaca Alqur'an," tegasnya.
 
Ramadhan selalu dirindukan semua muslim. Menurutnya, kerinduan ini tidak hanya rindu akan bulan puasa, namun juga rindu akan shalat malam, membaca Alqur'an dan malam lailatul qodar. Perbanyaklah membaca Alquran agar pada akhir ramadhan bisa menyelesaikan 30 juz Alquran.
 
"Bacalah Alquran setiap selesai Shalat. Saya juga ingatkan agar di ramadhan ini kita jaga persatuan dan kesatuan kita sebagai unat muslim, jangan sampai terpecah belah," ajaknya.
 
Safari ramadhan Pemprov kali ini juga menghadirkan Syaikh Assayyid Abdul Salam dari Kairo Mesir untuk memberikan tausiahnya. Syaikh Assayyid Abdul Salam menuturkan bahwa Bulan ramadhan akan segera berakhir. Masih tersisa lima hari lagi dan ini adalah waktu yang tersisa untuk memperoleh segala pahala dengan sebanyak-banyaknya.
 
"Bulan ramadhan bukan bulan dimana kita hanya menahan lapar dan dahaga saja, tapi buan untuk meraih pahala. Bulan ini masih tersisa lima hari lagi, mari kita panen semua pahala yang telah disiapkan," tutur Syaikh.
 
Ramadahan bulan penuh berkah. Menurut Syaikh untuk itu dibulan ramadhan Janganlah hanya fokus pada menahan lapar dan dahaga saja, namun juga harus ditambah dengan amal ibadah yang lainnya. Jalankan ramadhan dengan penuh istiqomah karena Isyaallah Allah akan mencerahkan wajah hamba-Nya yang beribadah dengan tulus dan ikhlas.
 
"Mari diramadhan ini kita tingkatkan taqwa kepada Allah SWT dan meningkatkan kontinuitas ibadah kita dibandingkan bulan-bulan sebelumnya," ajak Syaikh.
 
Pada kesempatan ini, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung melalui Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Bangka Belitung Tarmin AB memberikan bantuan berupa 1 buah sound system portable, 1 unit vaccum cleaner, 1 unit kipas angin, 6 gulung karpet sejadah, serta santunan kepada anak yatim dan masyarakat kurang mampu.
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto/Adi Tri
Fotografer: 
Adi Tri