Gubernur: Mari Kurangi Angka Pernikahan Dini Di Babel

Pangkalpinang---Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman melakukan audiensi dan menerima kunjungan kerja Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertempat Ruang Kerja Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, pada hari Senin (23/10/2017). Pertemuan tersebut dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan sosialisasi untuk menekan angka pernikahan dini yang ada di Bangka Belitung melalui talk show di salah satu stasiun televis yang ada di Kota pangkalpinang.

Usai audiensi, Gubernur menyampaikan hingga saat ini angka pernikahan dini di Bangka Belitung cukup tinggi berdasarkan hasil survey tingkat nasional. "Untuk tingkat nasional tertinggi nomor satu dalam angka pernikahan dini adalah Provinsi Kalimantan Timur. Pernikahan dini di Bangka Belitung ini cukup tinggi karena Bangka Belitung menempati peringkat ketiga tertinggi nasional dalam angka pernikahan dini. Kita berharap dapat melihat fenomena ini dengan sungguh-sungguh,"ujar Gubernur.

Gubernur menyampaikan bahwa berdasarkan data Kabupaten Bangka Selatan menjadi kabupaten penyumbang angka pernikahan dini tertinggi di Bangka Belitung, disusul Kabupaten Bangka dan Kabupaten Belitung. Menurut Gubernur salah satu indikasi bonus demografi yang menjadi tolok ukur kemajuan suatu negara adalah angka pernikahan dini.

"Pernikahan dini bukan suatu masalah sederhana karena menyangkut penyerapan bonus demografi. Ketika berbicara bonus demografi merupakan usia suatu negara yang sangat berefek luar biasa untuk kemjauan suatu negara serta ekonomi suatu negara. Jika suatu negara hendak mendapatkan suatu kemajuan masyarakat Indonesia harus berkarakter hebat dan memiliki ekonomi yang kuat,"ungkap Gubernur.

Untuk menekan angka pernikahan dini, Gubernur mengajak berbagai unsur yang terlibat supaya dapat saling bekerjasama, seperti Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk melaksanakan dan menerapkan didikan anak yang baik dan benar serta memberdayakan masyarakat lanjut usia.

"Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan bekerja sama dengan pihak terkait bagaimana cara mendidik anak dengan baik dan juga masyarakat lanjut usia. (Mendidik anak dengan baik) yaitu memberi pemahaman dan pedidikan yang baik buat anak dan menjadikan para lansia lebih produktif dari sebelumnya. Harapannya mereka (lansia) bisa melaksanakan aktifitas seperti biasa dan bukan menjadi beban bagi keluarga," tutur Gubernur.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nita