Gubernur Menghadiri Lomba Masak Serba Ikan dan Kampanye Gemarikan

Pangkalpinang.  Salah satu kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui  Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP)  Bangka Belitung adalah lomba masak serba ikan dan kampanye gemarikan. Gemarikan merupakan salah satu strategi dalam membangun generasi bangsa yang berkualitas dan bertujuan untuk meningkatkan  konsumsi ikan. Kegiatan yang bertemakan “ Kita Dukung  Keberhasilan  Industrialisasi Udang Nasional” ini dihadiri oleh Kementerian dan Kelautan  Perikanan yang diwakilkan kepada  Direktur Pemasaran Dalam Negeri Kementerian Kelautan dan Perikanan, Sa’ adullah Muhdi.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, H. Rustam Effendi  dalam sambutannya menuturkan kampanye gemarikan merupakan kegiatan pemerintah pusat  agar target  konsumsi ikan nasional melebihi standar pola pangan harapan yaitu 34,4 Kg/Kapita/Tahun. Cukup membanggakan bahwa  Provinsi Bangka Belitung melampaui  standar tersebut yaitu 42 Kg/Kapita/Tahun. Namun masih  jauh dibandingkan dengan  Singapura 55,4 Kg/Kapita/ Tahun, terlebih dengan Jepang 110/Kg/Kapita/Tahun, padahal Provinsi Kepulaun Bangka Belitung memiliki wilayah perairan mencapai 80,04  persen dari keseluruhan  wilayah dengan kelautan dan perikanan sebagai sektor unggulan  program pembangunan pemerintah  daerah Kepulauan Bangka Belitung.

Sa’adullah Muhdi mengatakan di Indonesia ini potensi perairan  kelautannya sangat bagus, ditambah dengan perekonomian masyarakat  yang menunjang sehingga peluang pemasaran ikan sangat besar  potensinya.  Namun sayangnya belum ditunjang dengan pemahaman masyarakat, beberapa sumber hayati yang  menyehatkan dan mencerdaskan. Hal ini diakuinya bisa  dilihat dari rata-rata tingkat konsumsi masyarakat yang mengkonsumsi ikan  masih dibawah  negara tetangga yaitu Jepang dan Singapur, masih belum merata. Untuk itu ada kekawatiran  jangan-jangan masyarakat beralih  ke sumber protein  yang lain  dengan masuknya masakan cepat saji seperti  Chicken ataupun burger, ujar  Sa’adullah Muhdi.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bangka Belitung, Sugianto menambahkan  kegiatan ini bertujuan  meningkatkan keanekaragaman  masakan berbahan ikan . Peningkatan gizi masyarakat  serta mendukung wisata kuliner pariwisata.

Kegiatan yang dipelopori tim Penggerak PKK di Kabupaten/Kota nantinya diharapkan mampu memberikan bimbingan  kepada masyarakat agar perlu meningkatkan keanekaragaman makanan sebagai upaya mempromosikan dalam bentuk masakan, dan untuk tahun ini  perlombaan memilih menu udang, sebagai menu pokok masakan karena menu udang juga  sangat tinggi nilai proteinnya, sama dengan menu-menu  berbahan ikan lainnya, dan perlombaan ini di ikuti oleh peserta dari Kabupaten/Kota terutama para pelajar dan bagi para pemenang tingkat provinsi akan dilombakan lagi ketingkat nasional, jelas Sugianto.  (Adv Eff)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Effendi
Fotografer: 
Effendi
Editor: 
Effendi