Gubernur Menyerahkan Sertifikat Program Pelayanan Jarak Jauh bagi Penyandang Disabilitas Intelektual dari PSBG Ciungwanara Bogor

PANGKALPINANG – Sinergitas pemerintah pusat, pemerintah daerah serta dunia usaha dalam penanggulangan berbagai permasalahan penyandang disabilitas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terlihat dalam acara Silaturahmi Serta Ramah Tamah Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dengan Penyandang Disabilitas dan Lanjut Usia di Ruang Pertemuan Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (9/9/2018)

Pada kesempatan tersebut hadir Gubernur Kepulauan Bangka Belitung beserta Ibu, Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial RI, Ibu Wakil Gubernur, Kepala Dinas Sosial Prov.Kep. Babel, para kepala dinas di lingkungan Prov. Kep. Babel dan Dinas Sosial Kota Pangkalpinang, Executive General Manager PT. Angkasa Pura II, Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel serta penerima manfaat disabilitas dan lanjut usia.

Dalam acara tersebut Direktur Sosial Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial RI,  Rachmat Koesnadi,S.Sos, M.Si menyampaikan bahwa silaturahmi ini sangat penting dan strategis dalam upaya penanganan dan pemberdayaan disabilitas menunjukkan peningkatan.

“Acara silaturahmi ini sangat penting dan strategis dalam upaya penanganan dan pemberdayaan disabilitas dimana akhir-akhir ini menunjukkan peningkatan, kompleksitas permasalahan disabilitas menuntut adanya penanganan komprehensif, terpadu, terarah dan berkesinambungan,” tegas Rachmat Kuesnadi. Dia juga menambahkan :“ Peran dan keikutsertaan masyarakat, dunia usaha dan pemerintah menjadi kunci utama dalam penanggulangan berbagai permasalahan penyandang disabilitas.”

Gubernur Kep.Babel menyatakan berbahagia bisa bersilaturahmi dengan para penyandang disabilitas dan lanjut usia penerima manfaat dari Kota Pangkalpinang. “Saya bahagia bisa hadir disini bertemu dengan bapak ibu lanjut usia, adik-adik penyandang disabilitas dengan orang tua yang hebat, para pekerja sosial serta pendamping sosial,”ungkap Erzaldi.

“Allah SWT memberikan kita nikmat dengan cara-Nya.  Ini adalah ladang amal bagi kita apabila bersabar dalam ujian dari Allah SWT dititipkan anak penyandang disabilitas,”pesan Gubernur kepada para orang tua penyandang disabilitas.

Gubernur juga menyampaikan terimakasih kepada pihak-pihak yang peduli dalam kegiatan ini, Dinas Sosial, Kementerian Sosial RI, Panti Sosial Bina Grahita Ciungwanara Bogor, PT. Angkasa Pura II Persero serta Bank Sumsel Babel.

“Saya sangat berterimakasih terutama pada Panti Sosial Bina Grahita Ciung Wanara Bogor yang telah melaksanakan pendampingan kepada adik-adik penyandang disabilitas intelektual  selama 4 (empat) bulan ini dalam Program Pelayanan Jarak Jauh. Semoga kegiatan ini dapat berlanjut di tahun-tahun mendatang,” harap Gubernur.

Gubernur juga berdialog langsung dengan adik-adik penyandang disabilitas intelektual, dalam dialog tersebut terungkap mereka memohon kepada Gubernur dapat memberikan bantuan peralatan usaha cetak batako, mesin jahit, serta formasi CPNS untuk penyandang disabilitas. Gubernur pun langsung menindaklanjuti permintaan tersebut.

Kepala Dinas Sosial Prov.Kep.Babel, M.Azis Harahad menyampaikan bahwa tahun ini Prov.Kep.Babel mendapatkan bantuan dana dari Kementerian Sosial sebesar Rp. 577.713.250,- untuk penyandang disabilitas dan lanjut usia.  Panti Sosial Lanjut Usia Siti Ana Pangkalpinang mendapat bantuan dana untuk memenuhi kebutuhan dasar lanjut usia sebesar Rp. 67.500.000,- untuk 50 (limapuluh) orang, bantuan dana pendampingan perawatan lanjut usia homecare sebesar Rp.60 juta, Pendampingan Asistensi Sosial Bagi Penyandang Disabilitas melalui LKS sebesar Rp.66 juta untuk 60 orang, bantuan hibah penyandang disabilitas potensial Rp.64.23.250,- untuk 60 orang, bantuan dana Usaha Ekonomi Produktif dari Panti Sosial Bina Grahita (PSBG) Ciungwanara salah satu UPT Kemensos melalui Program Pelayanan Jarak jauh (PPJJ) sebesar Rp. 80 juta untuk 40 orang penyandang disabilitas intelektual dan pelatihan kader pendamping yang berasal dari masyarakat.

Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan adik-adik penyandang disabilitas intelektual seperti menyanyi, membaca puisi dan tari. Menutup rangkaian acara silaturahmi ini diserahkan secara simbolis bantuan aksesibilitas alat bantu dari CSR PT.Angkasa Pura-II (Persero) dan bantuan dari Kementerian Sosial RI.  Semoga semua bantuan baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dan dunia usaha dimanfaatkan sebaik-baiknya .

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Fitra