Gubernur: Pemprov Komitmen untuk Sukseskan Kampanye Imunisasi MR

 

PANGKALPINANG – Komitmen Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mensukseskan pelaksanaan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) sangat serius. Oleh karena itu, persiapan kegiatan massal ini harus direncanakan dengan melakukan koordinasi dan sinkronisasi program. Hal ini disampaikan oleh Gubernur saat memberi pengarahan dalam kegiatan Advokasi, Sosialisasi, dan Koordinasi dalam rangka pelaksanaan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) dengan Lintas Program/Lintas Sektor di Hotel Sun, Sabtu (30/08/2018).

“Dengan target pemberian vaksinasi MR pada anak usia sembilan bulan sampai dengan kurang dari lima belas tahun se-Babel, tentu sangat tidak mudah pelaksanaannya. Dengan total jumlah sasaran se-Babel sebanyak 370.936 anak, kita harus menyusun penjadwalan yang teratur dan terencana dengan baik” jelasnya.

Pemprov juga akan tetap memperhatikan masyarakat yang berada di pulau terluar dan perbatasan yang merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. “Saya akan turun langsung untuk mengawal pelaksanaan Kampanye Imunisasi MR ini di daerah tersebut,” janji Erzaldi.

Sebelum pelaksanaannya, lanjut Erzaldi,  masyarakat harus diedukasi mengenai pelaksanaan dan manfaat Imunisasi MR. “Manfaatkan semua media informasi yang mudah diterima seluruh lapisan masyarakat. Gunakan media cetak, media elektronik, bahkan media sosial agar informasi mengenai pelaksanaan dan jadwal imunisasi harus disebarkan. Dengan demikian, masyarakat dapat teredukasi dengan pelaksanaan dan manfaat imunisasi MR,” lanjutnya.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus istri Gubernur mengatakan bahwa kegiatan kampanye ini juga dapat disandingkan dengan kegiatan penanganan stunting di Babel. 

"Stunting merupakan salah satu target nasional yang harus ditangani secara serius. PKK akan ikut mengawal kegiatan ini sehingga dua tujuan ini, penanganan stunting dan kampanye imunisasi ini dapat terlaksana," uangkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto menjelaskan bahwa pelaksanaan kampanye Measles Rubella (MR) dilaksanakan bulan Agustus dan September 2018. “Untuk PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTS, akan dilaksanakan pada Agustus dan di fasilitas kesehatan/Posyandu, dilaksanakan pada bulan September,” lanjut Mulyono.

Menurut Mulyono, tujuan yang hendak dicapai dari kampanye imunisasi massal MR ini antara lain meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubella secara cepat dan memutuskan transmisi virus campak dan rubella. “Selain itu, kita berusaha untuk menurunkan angka kesakitan akibat penyakit campak dan rubella serta menurunkan angka kejadian kecacatan akibat rubela pada janin/anak sejak lahir,” harap Mulyono.

 

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Adinda Chandralela
Editor: 
Fitra