Gubernur : Peranan Gerakan Pramuka Upaya Membangun Generasi Bangsa

Pangkalpinang - Generasi muda yang mandiri, kreatif, dan taat beragama merupakan modal dasar bangsa menuju masyarakat yang adil dan sejahtera. tantangan dan tanggung jawab selaku pengurus gerakan pramuka tidak hanya sekedar bagi adik-adik pramuka saja tapi lebih luas lagi bagi bangsa dan negara.

Peranan gerakan pramuka merupakan salah satu upaya bangsa ini untuk melindungi generasi muda dari berbagai macam ancaman yang dapat merusak masa depan anak bangsa, tegas Eko Maulana Ali Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat menyampaikan sambutan pada acara Pelantikan Kamabida dan Kwarda Masa Bakti Tahun 2013- 2017 Kepulauan Bangka Belitung sekaligus Peresmian Kantor Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung , Rabu (8/5/2013) di Kantor Kwartir Daerah Komplek perkantoran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

 “ Satyaku kudarmakan darmaku ku baktikan , merupakan tantangan dan tanggungjawab kita sebagai pengurus gerakan pramuka yang harus dengan hati yang tulus berbuat untuk membangun bangsa ini melalui pengabdian di gerakan pramuka, maka marilah kita bersama-sama membangun bangsa ini dalam pembinaan generasi muda yang berjiwa IPTAQ dan IPTEK dengan penuh keselarasan” himbaunya.

Selain itu, Eko Maulana Ali juga menyampaikan program kerja Mabida dan Kwarda lima tahun kedepan. “ Pembangunan Bumi Perkemahan Kwartir Daerah Bangka Belitung berlokasi di desa Balun Ijuk Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka. dan sebagai langkah awal pembangunan, tahun ini kita sudah mengganggarkan dana untuk Detail Engineering Design (DED). Oleh karena itu kita sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak hal ini akan tercapai.” ungkapnya

Ketua Kwartir Nasional Prof.DR.Dr.H.Azrul Azwar, MPH secara resmi melantik Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Bangka Belitung (MAPIDA) masa bakti 2013- 2017, sekaligus meresmikan Kantor Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung. Peresmian Kantor Kwartir Daerah Bangka Belitung (MAPIDA) ditandai dengan penguntingan pita oleh Eko Maulana Ali Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, dan Penandatanganan Prasasti.

Pelantikan Kamabida dipimpin langsung oleh Prof.DR.Dr.H.Azrul Azwar, MPH  Ketua Kwartis Nasional , beliau melantik Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Bangka Belitung (MAPIDA) yang baru untuk masa bakti 2013- 2017 yang diketuai oleh Dr.Ir.H.Eko Maulana Ali Suroso,S.AP,M.Si,M.Sc Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Wakil Ketua H. Rustam Effendi SH, Sekretaris Ir. Imam Mardi Nugroho, MM yang beranggotakan Kapolda Bangka Belitung, H. Ismiryadi dari DPRD Prov. Babel, Didit Srigusjaya, SH dari DPRD Prov. Babel, Drs. Saviat Kadispora Prov. Babel, Drs. Rivai Kadisdikbud Prov. Babel, Danlanal, Danrem,Danlaud dan Kakanwil Kementerian Agama Prov. Kep. Babel.

Pada kesempatan yang sama Ketua KAMABIDA terpilih Eko Maulana Ali juga melantik Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bangka Belitung yang baru, Hj. Noorhari Astuti,S.Sos untuk masa bakti 2013-2017.

Prof.DR.Dr.H.Azrul Azwar, MPH  Ketua Kwartir Nasional mengucapkan selamat kepada Pengurus Kamapida yang baru, betapa besar tanggung jawab kakak Mabida, Kwarda serta kakak-kakak Pembina Gerakan Pramuka di Babel ini, dan semoga pada kepengurusan baru ini dapat melaksanakan tugas yang telah diamanatkan dengan benar dan mengucapkan terimakasih kepada pengurus periode sebelumnya karena sudah aktif dalam meningkatkan gerakan pramuka di Babel hingga bisa seperti saat ini, pesannya.

 “ Tanggung jawab bagi generasi muda di masa sekarang ini sudah menjadi tanggung jawab kita bersama, Generasi muda rentan terhadap berbagai ancaman baik itu narkoba serta rasa kebangsaan yang mulai menipis, Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban kita untuk mengaktifkan Gerakan Pramuka.  ‘’ tegasnya.

Dengan telah diresmikannya Kantor Kwartir yang baru ini, semoga bisa menjadi sarana dan prasarana pendukung aktivitas kegiatan Gerakan Pramuka di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,harapnya. (Melz/adit).

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imelda Ginting | Adit Tri Saputra
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Imelda Ginting