Gubernur: Perbaiki Fasilitas Dan Upgrade Kemampuan Pegawai ASN Rumah Sakit Jiwa

SUNGAILIAT - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada hari Selasa (02/01/2018). Kunjungan kerja Gubernur tersebut sebagai langkah dan upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat, terutama kepada masyarakat yang mengalami gangguan jiwa. 

Kehadiran Gubernur ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) disambut oleh Direktur Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dr. H. Heru Effendi, Sp.Kj, beserta pegawai di lingkungan RSJ.

Kunjungan kerja Gubernur ke Rumah Sakit Jiwa didampingi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi, Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung K.A. Tajudin, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Pembangunan Marwan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung drg. Mulyono Susanto, Kepala BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sahirman, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Suharto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ahmad Rivai, Kepala Biro Umum Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ellyana.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Gubernur berkeliling, memperhatikan dan memantau fasilitas yang ada di Rumah Sakit Jiwa. Gubernur menyampaikan masukan kepada Direktur RSJ supaya fasilitas yang telah tersedia dapat ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya. "Sektor kesehatan menjadi prioritas pembangunan Bangka Belitung. Maka perlu ada perbaikan layanan kesehatan di Rumah Sakit Jiwa dengan meningkatkan pelayanan publik dan pemenuhan sarana dan prasarana kesehatan sesuai standar," kata Gubernur.

Gubernur juga tidak melewati kesempatan untuk berinteraksi dengan pasien Rumah Sakit Jiwa. Salah satu pria paruh baya yang menjadi pasien Rumah Sakit Jiwa, Ayung, ketika diajak berbicara dengan Gubernur merasakan kebahagiaan. Dan pasien tersebut secara spontan mengatakan bahwa orang yang diajak berbicara tersebut adalah Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Gubernur juga memantau langsung pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Jiwa. Menurut Gubernur, pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Jiwa harus terus ditingkatkan. "Salah satu yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan adalah SDM pegawai di RSJ harus ditingkatkan kemampuan dan keterampilan serta perlu diupgrade pendidikan mereka, terutama spesialisasi kejiwaan," ujar Gubernur.

Selain itu, Gubernur juga memantau secara langsung dan mengunjungi ruang inap pasien serta berdialog dengan mereka. Gubernur juga berharap fasilitas penunjang di RSJ perlu untuk diperbaiki, seperti taman agar dapat ditata supaya terlihat asri dan enak dipandang. "Rumput dan tanaman perlu dirawat. Mari bergotong royong untuk menjaganya karena fasilitas yang tersedia ini bersumber dari APBD," kata Gubernur.

 Gubernur berharap agar pasien autis dapat bekerjasama dengan Rumah Sakit Jiwa. Terkait dengan fasilitas RSJ, Gubernur meminta pihak RSJ dapat mengganti kaca di ruangan pasien diganti dengan bahan yang tahan pukul serta ruangan poliklinik anak digabung menjadi satu ruangan untuk autis.

"Provinsi berkomitmen untuk melayani masyarakat yang mengalami gangguan jiwa. Para petugas dan perawat perlu terus menjalin komunikasi dengan pasien agar mereka merasa diperhatikan. Tujuannya untuk percepatan kesembuhan pasien. Bahkan untuk mempertebal keimanan para pasien, kita akan mengirim guru mengaji bidang hapalan," jelas Gubernur.

Gubernur juga mengunjungi ruang rehabilitasi pasien narkoba. Di dalam gedung rehabilitasi narkoba tersebut gubernur berdialog dengan pasien rehabilitasi narkoba yang sebagian besar masih remaja bahkan ada satu orang masih anak-anak. Setelah berdialog, kebanyakan yang terkena narkoba karena pergaulan. Selain menasihati untuk tidak mengkonsumsi narkoba, gubernur juga menawarkan kepada para pasien rehabilitasi ini untuk mengikuti pelatihan kerja jika sudah keluar dan dinyatakan sehat dari kecanduan narkoba.

"Jauhilah narkoba. Mulailah hidup sehat jiwa dan raga, karena masa depan menunggu kalian," pesan Gubernur.

Selama 2 (dua) jam melakukan kunjungan kerja, Gubernur berharap RSJ dapat berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar dapat menindaklanjuti arahan dari Gubernur.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Tim Komunikasi Gubernur