Gubernur : PKK Organisasi Pergerakan Mensejahterakan Keluarga

PANGKALPINANG– Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman saat Pelantikan Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Bangka Belitung di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Senin (10/7/2017) mengatakan PKK merupakan suatu organisasi pergerakan untuk mensejahterakan keluarga. Sebab, dari dulu hingga saat ini menurutnya perempuan dan laki-laki harus selalu beriringan.

Erzaldi juga mengatakan tantangan dalam kepengurusan dan menjalankan tugas PKK sangat besar, karena banyak sekali yang harus dilakukan dalam mengurus keluarga menjadi sejahtera dan berjalan harmonis. Oleh sebab itu, jika para pengurus PKK tidak bisa berada di garis depan dalam menserasikan kehidupan keluarga akan sangat beresiko.

“Tantangan tugas PKK sangat besar, oleh sebab itu jika pengurus PKK tidak bisa berada di garis depan dalam menserasikan kehidupan keluarga akan sangat beresiko, “ Ujarnya.

Ia mencontohkan, kasus perselingkuhan pegawai dilingkungan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung. Baru-baru ini ia telah menurunkan pangkat empat orang pegawai provinsi karena perselingkuhan. Menurutnya, ini adalah salah satu sebab karena tidak adanya keharmonisan dalam keluarga dan juga menjadi tantangan untuk para pengurus PKK kedepannya.

“ Jangan sampai nanti juga ibu-ibu terlalu sibuk mengurus PKK hingga lupa mengurus suaminya, “ Tegas Erzaldi.

Lebih jauh Ia berharap agar Ketua TP PKK yang baru saja dilantik Ibu Melati Erzaldi Rosman untuk dapat bekerja dengan baik. Kantor PKK tidak hanya dijadikan sebagai kantor kerja, tetapi juga Ia berharap bisa dijadikan tempat penitipan anak pegawai yang bekerja di lingkungan Provinsi Bangka Belitung dan disediakan juga ruang ASI. Agar nanti menurutnya intensitas waktu pertemuan Ibu pegawai dengan anak lebih banyak, dibandingkan anak-anak dititipkan ditempat yang jauh dari lingkungan kerja.

Selain itu, Ia juga berharap para pengurus Masjid Al Kamal yang terletak di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Bangka Belitung dapat bekerja sama dengan para pengurus PKK untuk menyediakan fasilitas TPA (Taman Pendidikan Al-quran) yang nanti juga akan diisi oleh anak-anak pegawai di lingkungan pemerintah Provinsi Bangka Belitung. Dengan ini, Erzaldi berharap agar generasi penerus Bangka Belitung akan menjadi generasi yang baik.

Sementara itu Ketua Umum TP PKK Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengatakan sebagai mitra kerja pemerintah PKK dengan 10 program pokoknya sudah menggambarkan bahwa yang dilakukan PKK mencakup kebutuhan dasar hidup manusia sejak dalam kandungan sampai lanjut usia. Dengan ini Erni berharap agar program-program tim penggerak PKK senantiasa bersinergi dengan program-program pemerintah daerah. Namun demikian, dalam pelaksanaannya Erni berharap agar tim penggerak PKK tetap memperhatikan situasi dan kondisi serta prioritas dari masing-masing program pemerintah daerah.

“ Program-program tim penggerak PKK senantiasa bersinergi dengan program-program pemerintah daerah. Namun demikian, dalam pelaksanaannya saya berharap agar tim penggerak PKK tetap memperhatikan situasi dan kondisi serta prioritas dari masing-masing program pemerintah daerah, “ Jelasnya.

Terkait dengan program-program tim penggerak PKK, Erni mengatakan sebagai provinsi kepulauan selayaknya apabila program-program tim penggerak PKK Provinsi Bangka Belitung juga mendukung salah satu program nawacita Presiden RI yaitu pembangunan kemaritiman dan kelautan dengan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Artinya, bahwa Provinsi Bangka Belitung harus mendayagunakan potensi hasil laut untuk kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, Ia berharap tim penggerak PKK mampu mendayagunakan potensi hasil laut misalnya ikan, dalam program gemar makan ikan, maupun produk olahan laut lainnya melalui fungsi pembinaan tim penggerak PKK untuk kemudian dikemas secara rapi sehingga mempunyai nilai tambah dan dapat meningatkan pendapatan keluarga.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari/Evani
Fotografer: 
Evani