Gubernur Resmikan Masjid Al Falah, Kelapa Kampit - Belitung Timur

Kelapa Kampit, Belitung Timur - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, H. Rustam Effendi menghadiri Safari Jumat yang berlangsung di masjid Al Falah, desa Senyubuk Kecamatan Kelapa Kampit Belitung Timur, Jumat (3/3).

Kedatangan Gubernur ini sekaligus meresmikan renovasi pembangunan masjid Al Falah yang sudah selesai pengerjaannya. Renovasi yang dilakukan tersebut menggunakan dana sebesar Rp 1,4 Miliar yang berasal dari bantuan Pemerintah, donatur maupun warga masyarakat sekitar.

Acara peresmian dilakukan usai sholat Jumat, yang dihadiri oleh pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Wakil Bupati Belitung Timur, Burhanuddin, Kapolres Belitung Timur, Ketua Baznas Provinsi kepulauan Bangka Belitung dan Baznas Kabupaten Beltim, Camat Kelapa Kampit Rudi Rosadi, Kapolsek Kelapa Kampit, tokoh agama dan warga masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Gubernur berharap agar masjid Al Falah yang telah selesai direnovasi dapat membuat masyarakat bersemangat dan bergairah dalam beribadah.

"Membangun itu mudah, tetapi memakmurkan masjid itu yang susah, jadi marilah kita jaga masjid yang sudah kita bangun ini, dan selalu kita makmurkan masjid, "ucapnya.

Gubernur juga mengajak masyarakat agar tetap menjaga kerukunan dan hubungan yang baik antar umat beragama pasca dihelatnya Pilkada di Bangka Belitung agar tetap terciptanya kondisi aman dan kondusif.

"Bangka Belitung masih perlu dan terus membangun. Untuk itu mari ciptakan suasana yang aman dan nyaman agar pemerintah dapat menjalankan program pembangunannya maupun investor yang ingin melakukan investasinya di Bangka Belitung ini. Dan mari lupakan perbedaan politik dan pilihan sewaktu Pilkada. Siapapun yang memimpin Bangka Belitung nanti mari kita dukung dalam melakukan setiap program-programnya," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung Timur Burhanuddin menyampaikan makna dari pertemuan ini adalah menjalin silaturahmi dan meningkatkan Ukhuwah Islamiyyah antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Beltiung dengan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur serta warga masyarakat.

Lebih lanjut Burhanuddin menghimbau agar masyarakat, khususnya orang tua, dapat mengedukasi anak-anak remaja agar dapat ikut beribadah bersama di masjid. Karena sekarang muncul keprihatinan di kalangan anak muda yang mulai enggan untuk beribadah sholat Jumat, maupun sholat lima waktu berjamaah di masjid. 

"Siapa lagi yang akan memakmurkan masjid kalau bukan kita sendiri, dan siapa pewarisnya jika bukan anak muda kita. Jika tidak ada generasi muda yang mau beribadah di masjid, bagaimana nanti ke depannya," tegasnya.

Burhanuddin juga mengajak masyarakat agar memanfaatkan Badan Amil Zakat yang ada di tingkat Kecamatan maupun Kabupaten untuk berzakat yang memang jelas peraturan perundang-undangannya serta jelas bagaimana mekanisme penyaluran zakat.

"Dalam kesempatan ini saya pun mengajak masyarakat agar memanfaatkan badan Amil Zakat yang ada, yang memang diatur didalam undang-undang, dan penyalurannya jelas kemana," ujarnya.

Safari Jumat tersebut diakhiri dengan prosesi penandatanganan prasasti peresmian masjid oleh Gubernur yang disaksikan oleh seluruh tamu undangan dan warga masyarakat Desa Senyubuk.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Heriyanto Kurniawan
Fotografer: 
Heriyanto Kurniawan
Editor: 
Ahmad Fauzan Syahzian