Gubernur Sampaikan Program RPJMD Di Depan Anggota Banggar DPRD Babel

Pangkalpinang- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melakukan pengembangan agropolitan secara masif. Pasalnya, pertumbuhan perekonomian Bangka Belitung masih sangat dipengaruhi dari sektor pertambangan. Hal tersebut disampaikan Gubernur Kepuluan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman ketika menyampaikan paparan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2017-2022 di Ruang Banggar Gedung DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Senin (06/11/2017).

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan pengembangan agropolitan harus dilakukan untuk menghadapi pasca tambang. Jika ketergantungan ekonomi terhadap pertambangan semakin mengecil, maka sektor agropolitan sudah kuat. "Pertumbuhan ekonomi sangat dipengaruhi dari sektor pertambangan. Berhasil tidaknya dalam mengembangkan agropolitan nanti akan kelihatan, tetapi target tersebut akan kelihatan sekitar 3 (tiga) tahun ke depan. Oleh sebab itu pengembangan agropolitan harus dilakukan secara massif," ujar Gubernur.

Sektor yang sudah ada saat ini antara lain, sawit, karet dan lada. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung lebih menekankan terhadap pengembangan lada karena lada Bangka Belitung sudah memiliki nama dan bermerek. Ditambah lagi saat ini Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah mengeluarkan sertifikasi 8 (delapan) penangkar bibit lada. Dalam mengatasi masalah penyakit lada, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa universitas, sekaligus dengan pemasaran lada.

"Pasar lada sekarang ada di negara Vietnam. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan pasar lada di Indonesia berada di Bangka Belitung," jelas Gubernur. 

Gubernur mengatakan di depan anggota Badan Anggaran DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bahwa ada 13 (tiga belas) program unggulan pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Program unggulan tersebut diantaranya adalah pengembangan pembangunan agropolitan, pembangunan bahari, pembangunan pariwisata, pengembangan tata kelola pertambangan, dan peningkatan pendapatan pemerintah.

Selain itu program unggulan pembangunan lainnya adalah peningkatan ekonomi masyarakat, pengembangan konekivitas dan infrastruktur, pengembangan pendidikan. Dan tidak ketinggalan adalah  pembangunan kesehatan, peningkatan tata kelola birokrasi dan pelayan publik, pembangunan berdemokrasi, dan peningkatan pembangunan bidang kebencanaan, serta pengendalian lingkungan hidup.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Ketua dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Wakil Gubernur Kepualauan Bangka Belitung, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta Kepala OPD di lingkugan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adit
Fotografer: 
Adit