Gubernur Tinjau Beberapa Titik Banjir di Gantung-Belitung Timur

GAnTUNG, BELITUNG TIMUR - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi meninjau hulu sungai di Gantung dan bedungan Pice (19/07). lokasi ini dianggap menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir dan melumpuhkan aktivitas di Kecamatan Gantung hingga hari ke lima. Bersama Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza dan koordinator Darurat Bencana Banjir Kabupaten Belitung Timur dan Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi beserta jajaran terkait, seperti Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan PU Perumahan Rakyat baik dari Provinsi maupun Kabupaten Belitung Timur.

Gubernur mengunjungi beberapa titik melalui jalur darat hingga sempat meninjau melalui udara dengan Helikopter bersama Bupati Belitung Timur untuk melihat lokasi Desa Mempayak, Desa Batu Penyu dan seputaran gantung lainnya.

Hujan yang mengguyur Pulau Belitung selama beberapa hari sejak jumat pekan lalu, menyebabkan beberapa titik terkena banjir seperti Kecamatan Gantung ini. Tidak hanya curah hujan yang tinggi sebagai penyebab banjir di Desa Gantung, tetapi juga Aliran Sungai Gantung yang seharusnya melalui mengalir Mendungan Pice tetapi mengalir tidak teratur melalui jalanan, rumah warga hingga pusat Gantung tergenang.

Menurut warga, banjir di Kecamatan Gantung adalah banjir kiriman. Air dari beberapa daerah yang masuk ke rumah warga di Gantung ini tidak melalui jalur sungai, diantaranya air yang melewati desa air rayak. Saat kunjungan ke Kecamatan gantung, Gubernur diajak ke Hulu sungai untuk melihat kondisi dan mempersiapkan perbaikan bendungan.

Selain itu, kunjungan ke titik-titik terparah dan menjadi penyebab banjir ini untuk memastikan asal air yang menyebabkan kerusakan yang terjadi di kecamatan gantung. Gubernur bersama dengan tim sempat menurunkan drone dan meninjau langsung ke aliran air hingga ke Dusun Air Rayak.

Dari seluruh titik yang ditinjau ini, Erzaldi menyampaikan kepada warga, bahwa melihat kondisi air yang mengalir tidak beraturan dibeberapa titik ini maka tidak mungkin untuk membendung atau membuatkan tanggul untuk semua lokasi mengingat luasnya lokasi ini. Untuk menindaklanjuti dan memperbaiki kerusakan yang terjadi di Gantung dan sekitarnya, akan dilakukan dibeberapa titik di Sungai Gantung dengan mengarahkan aliran air agar bisa melalui Bendungan Pice.

Selain itu, untuk pemulihan kecamatan Gantung, Gubernur sudah berkomunikasi dengan pihak pertamina untuk segera mendistribusikan bahan bahan bakar karena mulai sulit didapat. Pihak PLN pun harus segera memperbaiki beberapa tiang fasilitas listrik yang hampir roboh. “saya sudah kontak pertamina dan segera juga menghubungi GM PLN agar gantung segera pulih.” Ungkapnya.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp