Gubernur Tinjau UNBK 2018 di Tiga Sekolah

PANGKALPINANG--Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer Tingkat SMK Tahun 2018, Senin (2/4) berlangsung secara tertib dan lancar di tiga lokasi tempat Pelaksanaan UN, yaitu SMK N 1 Pangkalanbaru, SMK Negeri 1 Pangkalpinang, dan SMK Negeri 2 Pangkalpinang. Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ditinjau langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.

Jumlah peserta yang mengikuti ujian pada SMK Negeri 1 Pangkalanbaru sebanyak 319 peserta, SMK Negeri 1 Pangkalpinang sebanyak 269 peserta, dan SMK Negeri 2 Pangkalpinang sebanyak 486 peserta.

Pelaksanaan UN Tingkat SMK/SMA di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah 100 persen berbasis komputer. “Hal ini berkat kerja keras Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terhadap keberhasilannya dalam meraih prestasi akademik di tingkat nasional yang telah mendapatkan peringkat dua dari tiga provinsi yang telah melaksanakan 100 persen Ujian Nasioanal Berbasis Komputer,” ujar Erzaldi.

Sejauh ini proses pelaksanaan UNBK tidak ditemukan kendala dan sudah berjalan dengan baik. Jika ditemukan kendala pada sistem khususnya server maka pihak Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menyiapkan server cadangan yang telah disingkronkan, dimana bila ada satu server yang bermasalah maka server lainnya akan membackup. Di setiap ruangan ujian pun disediakan satu komputer cadangan untuk antisipasi bila ada komputer yang rusak.

Seluruh Peserta UNBK yang telah mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2018 diketahui sebanyak 7.333 peserta dari tujuh kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. “Alhamdulillah saat ini belum ada laporan tidak ada peserta yang tidak mengikuti UN,” tukas Erzaldi.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Muhammad Soleh menyatakan, siswa tidak terbebankan terhadap pelaksanaan UNBK dan dapat mengikuti ujian sebaik-baiknya. “Jadikan semangat karena hal ini merupakan salah satu pemetaan untuk peningkatan mutu pendidikan bagi siswa-siswa di Bangka Belitung,” kata Soleh.

 

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Meilia Puspianti (Pramas Dinas Pendidikan)
Fotografer: 
Meilia P
Editor: 
Irwanto