Gubernur Tunjuk K.A. Tajuddin Sebagai Plh Sekda Babel

Pangkalpinang - Selama 45 (empat puluh lima) hari kedepan terhitung 7 Agustus 2017, jabatan Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kosong. Pasalnya Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Yan Megawandi, S.H, M.Si, mengambil cuti besar untuk melaksanakan ibadah haji.

Sahirman, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan bahwa untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda tersebut, Gubernur telah menunjuk pejabat Esselon II.a sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda.

"Dan yang dipercaya Gubernur untuk mengemban jabatan Plh Sekda tersebut adalah K.A. Tajuddin, S.H dengan jabatan sekarang adalah Assisten Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Berdasarkan Surat Perintah Pelaksana Harian Nomor 800/702/BKPSDM tertanggal 03 Agustus 2017, tugas beliau sebagai Plh Sekda adalah mulai tanggal 07 Agustus hingga 20 September 2017," terang Sahirman.

Sahirman menjelaskan ada batasan kewenangan dari jabatan Plh. Bahwa jabatan Plh bukan jabatan definitif sehingga tidak diberikan tunjangan jabatan struktural, tidak perlu dilantik atau tidak perlu diambil sumpahnya. Selanjutnya Sahirman menerangkan bahwa Plh tidak dapat mengambil keputusan yang bersifat strategis yang akan berdampak pada perubahan status hukum pada aspek organisasi, kepegawaian dan anggaran.

"Karens itu tugas-tugas Plh bersifat koordinatif dan diutamakan mempercepat penyelesaian pekerjaan yang diserahkan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur. Yang paling terdekat adalah bagaimana kita membantu Plh Sekda mensukseskan kemeriahan HUT Kemerdekaan RI yang ke-72," harap Sahirman.

Sahirman yakin keputusan Gubernur menunjuk Assisten Bidang Administrasi Umum tersebut sangat tepat. Pasalnya K.A Tajuddin telah berpengalaman dan pernah menduduki jabatan strategis pada jabatan Esselon II.a.

"Jabatan-jabatan strategis seperti Kepala Dinas Kominfo dan Sekretaris DPRD pernah diembannya. Dengan pengalamannya, sangat wajar jika Bapak Gubernur menunjuk beliau sebagai Plh Sekda," terang Sahirman.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ahmad Fauzan Syahzian