Gusairi Mensosialisasikan Eksistensi KIM Babel

Bandung – Gusairi Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM ) Merah Putih Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memanfaatkan acara sarasehan KIM di Hotel Harris Bandung, Jumat (18/11/2016) sebagai ajang mensosialisasikan eksistensi KIM di Babel.

“Kita dapat mensosialisasikan eksistensi keberadaan dan kebutuhan KIM menyikapi perubahan sosial masyarakat. KIM sebagai agen informasi mengedukasi masyarakat, untuk mendapat nilai tambah dan pemberdayaan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Pembelajaran kelompok informasi masyarakat secana nasional sudah menjadi kebutuhan. Ia mengatakan, hal tersebut diawali dengan menggerakkan dan mempersiapkan pembentukan forum KIM. Sebab KIM diharapkan dapat aktif sebagai fasilitator mengkomunikasikan program pemerintah.

Ke depan peran pelaku KIM dipersiapkan menjadi guru ruang publik (cyber teacher). Menurutnya, masyarakat dapat mengelola dan menjadikan informasi sebagai nilai tambah. Sehingga berdampak meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai lembaga independent, KIM tumbuh dari kebutuhan masyarakat. Diharapkan masyarakat bisa memilah informasi secara sehat dan bermartabat. Sedangkan KIM menjadi mitra pemerintah berperan sebagai jembatan penghubung  informasi antara pemerintah dengan masyarakat.

“KIM menyuarakan program pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kabupaten kepada masyarakat. Jadi KIM sebagai jembatan informasi," tegasnya.

Terkait perkembangan KIM di Bangka Belitung, Gusairi menyarankan kepada seluruh pelaku KIM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mendukung dan memanfaatkan kegiatan serasehan ini. Sebab awal segala perubahan dimulai dari pola pikir dan informasi.

“Informasi yang benar dan sehat dapat menjadi nilai tambah. Masyarakat harus aktif mendapatkan informasi, lalu mengelolanya sehingga menjadi nilai tambah," harapnya.

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Rizky Fitrajaya
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra