Hari Ini Fashion Show Kain Cual dan Demo Masak Resep ala Lada

JAKARTA -- Hari ini Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali memperlihatkan kecantikan kain cual. Tak hanya itu, pengunjung Gedung Smesco Indonesia Creative Space lantai tiga, Jakarta Selatan juga bisa merasakan sedapnya olahan masakan ala lada.

Kegiatan Stunning Bangka Belitung 2018 ini membuat produk-produk khas Bangka Belitung semakin dikenal kalangan luas. Pengunjung bisa melihat langsung proses membuat kain cual serta bisa menikmati khas pedasnya lada Bangka Belitung.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sudarman menjelaskan, nanti pengunjung bisa menyaksikan tarian lada yang akan dibawakan Sanggar Astari. Kemudian ada peragaan pencak silat "karang lintang".

"Penampilan pencak silat tersebut akan diiringi oleh musik dambus. Kemudian dilanjutkan penampilan instrumen alat barongsai. Acara dimulai pukul 09.00 nanti," kata Kadiskominfo Sudarman, Sabtu (1/12/2018).

Penampilan instrumen alat barongsai ini, jelas Kadiskominfo Sudarman, merupakan bagian penampilan demo masak oleh Master Chef Desi Trisnawati. Ketika itu, pengunjung bisa menyaksikan dan mencicipi masakan berbahan utama lada.

"Lada yang digunakan merupakan lada Bangka Belitung. Lada kita ini mempunyai rasa unik, sebab rasa pedas dan aromanya berbeda dengan lada dari daerah lain," kata Kadiskominfo Sudarman.

Selain bisa melihat proses pembuatan kain cual, pengunjung juga disajikan fashion show "kain cual". Saat fashion show tersebut, bukan hanya keindahan motif cual dipertunjukkan, sebab ada juga desain pakai pengantin daerah.

"Menampilkan pakaian pengantin atau pakaian tradisional dari kabupaten/kota di Bangka Belitung. Tenun cual ini sudah sangat fashionable," jelas Kadiskominfo Sudarman.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari