Heewon : Pariwisata Akan Berkembang Bila Ada Tour Bus Dengan Jadwal dan Rute Yang Jelas

TANJUNGPANDAN – Selama tim babelprov.go.id mengikuti rangkaian kegiatan mahasiswa AIESEC di Belitung dan Belitung Timur, kami melakukan bincang-bincang santai dengan para mahasiswa tersebut di sela-sela waktu santai saat menikmati matahari terbenam di pantai tanjung tinggi (25/08/2017).

Merve dari Turki, Mohammad dari Iran mengatakan bahwa kegiatan water sport merupakan kegiatan yang sangat menarik, karena dapat melihat kehidupan di bawah air. Mereka berharap apabila ada proyek seperti ini berikutnya agar dapat diberikan waktu yang lebih senggang di Belitung. “Kami merasa waktu empat hari di pulau Belitung ini terlalu singkat,” ujar Mohammad dan Merve.

Karena mereka berharap dapat menikmati semua spot wisata yang seimbang antara Bangka dan Belitung sebagai tugas marketing proyek mereka, agar dapat memberikan hasil yang maksimal dengan segala pengalaman yang mereka lakukan. “Kami harus membuat video promosi kami setiap minggu dengan waktu yang terbatas untuk ditunjukkan kepada orang-orang, rasanya kurang maksimal bagi kami,” ucap Merve.

Pada kesempatan yang sama, Heewon dari Korea berharap bahwa apabila ada proyek serupa kedepannya selama sebulan di Bangka Belitung sebaiknya dilakukan dua minggu di Bangka dan dua minggu di Belitung. “Saya rasa itu lebih baik, supaya kami semua bisa explore Bangka dan Belitung dengan seimbang,” harap Heewon.

Amber dari China pun menimpali, “Dengan time table yang seimbang, akan lebih natural saat kami ingin membuat proyek promosi ini berdasarkan pengalaman kami,” timpalnya.

Selain itu Heewon sebagai masukan mengenai transportasi ke tempat-tempat wisata bisa dipermudah dengan jadwal yang jelas, dan juga Ia mendukung masyarakat agar dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris, mengingat bahasa Inggris sangat penting untuk dunia pariwisata. “Pariwisata saya rasa akan lebih berkembang apabila ada tour bus dengan jadwal dan rute yang jelas untuk mempermudah wisatawan dalam mengexplore tempat-tempat wisata,” ujar Heewon.

Sebagai tambahan, menurut kacamata Heewon sebagai orang Korea Selatan, liburan musim panas adalah waktu yang sangat baik dan terpenting. “Ini seperti peraturan yang tidak tertulis, setidaknya setahun sekali saat musim panas kami akan melakukan perjalanan keluar negeri dengan teman, atau keluarga. Saya rasa kalau Belitung dibandingkan dengan Phuket – Thailand, dan Boracay – Philipina untuk wisata airnya, jauh lebih bagus yang ada di Belitung,” ujar nya.

“Selain itu yang dicari juga adalah ketenangannya, dimana disini tidak penuh sesak dengan turis. Sedangkan Boracay hanya karena lebih dikenal, orang Korea Selatan memilih kesana walaupun susah dijangkau yaitu dengan menggunakan pesawat, dilanjutkan dengan kapal laut, kemudian dengan mobil. Hal itu sangat melelahkan,” tambahnya.

Lebih jauh menurut Heewon momen liburan musim panas di korea yang setiap tahunnya diadakan pada bulan Juli hingga Agustus dapat sangat digunakan untuk mempromosikan kepada orang Korea Selatan agar mereka lebih mengenal Belitung, yang Ia yakin turis Korea Selatan akan lebih memilih Belitung. “Apalagi menurut saya lebih mudah menuju Belitung. dengan menggunakan transportasi pesawat dari Korea ke Jakarta, kemudian dari Jakarta menuju Belitung, sangat mudah terjangkau,” tutup Heewon. (K5)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
khalimo
Fotografer: 
Khalimo