Hindari Lima Faktor Perilaku Tak Sehat

Pangkalpinang –  Masyarakat diimbau agar mengindari lima perilaku hidup tak sehat. Perilaku tersebut di antaranya, merokok, diet, kurang aktivitas fisik, mengonsumsi alkohol dan stress. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) mencatat, di tahun 2007 angka penyakit menular sekitar 28,1 persen, sedangkan penyakit tidak menular sekitar 59 persen.

Angka penderita penyakit tidak menular terus meningkat dan menjadi trend bagi dunia kesehatan. Menurut dr Rosta Rosniuli, Kasi Pengendalian Gangguan Akibat Kecelakaan dan Tindak Kekerasan Kementerian Kesehatan RI, fokus utama dalam mengendalikan penyakit tidak menular yaitu mengindari perilaku hidup tak sehat.

“Penyakit tidak menular menjadi trend ke depan, dan menjadi trend di bidang kesehatan,” katanya saat menjadi narasumber Rapat Jejaringan Penyakit Tidak Menular (PTM), di Dinkes Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (17/11/2014).

Faktor risiko penyakit tidak menular yaitu faktor risiko tidak melekat. Menurutnya, faktor risiko melekat merupakan faktor risiko yang tidak bisa diubah seperti, umur, jenis kelamin maupun keturunan. Sedangkan faktor risiko antara yakni, hipertensi atau bisa disebut sebagai penyakit.

Jika bicara penyakit jantung koroner, jelasnya, berarti berbicara hipertensi sebagai faktor risiko. Sedangkan jika bicara mengenai perilaku tidak sehat berarti bicara hipertensi itu adalah penyakit. Harapan ke depan agar penyakit yang bisa terdekteksi dapat segera diturunkan atau dikendalikan seperti hipertensi, hiperglikemi, obesitas, dislipidemia.

“Proporsi penyebab kematian adalah stroke, penyebabnya adalah hipertensi. Jadi saat ini angka kematian tertinggi dikarenakan stroke,” tegasnya.

Masih banyak masyarakat beranggapan obat dapat menjadi racun merusak ginjal, sehingga membuat masyarakat malas minum obat. Ia memaparkan, padahal jika sudah terdekteksi hipertensi namun tidak mengonsumsi obat secara teratur dapat mengakibatkan stroke.

Hal senada disampaikan Bahuri Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ia menjelaskan, penyakit tidak menular semakin meningkat dan sangat signifikan. Memang tidak mudah membentuk suatu perilaku baik, namun ke depan diharapkan terbangun kembali kemauan mengatasi terhadap penyakit tidak menular tersebut.

“Kita harap ke depan terbangun kembali kemauan mengatasi penyakit tidak menular,” harapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nata | Adit Tri Saputra
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari