HUT Ke-251 Kota Sungailiat, Gubernur : Semoga Kabupaten Bangka Mengukir Prestasi Lebih Baik Lagi

SUNGAILIAT – Kota Sungailiat genap berusia ke-251 tahun. Bupati Bangka dalam sambutannya pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Bangka Memperingati Hari Jadi Ke-251 Kota Sungailiat, Kamis (27/04/2017) di Gedung Mahligai DPRD Bangka mengatakan, di usianya yang ke 251, Kota Sungailiat semakin menuju ke arah kota yang BERMARTABAT, didukung tata ruang yang baik dengan perencanaan pembangunan yang terstruktur dan terkendali, kota Sungailiat mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam bidang perekonomian.

‘’Selain itu masyarakat Kota Sungailiat semakin mengedepankan etika, kekeluargaan, dan budaya, sehingga membuat kita semua merasakan kenyamanan tinggal dan bermukim di kota yang memiliki motto BERTEMAN (Bersih, Tertib dan Aman) ini. Semangat dan motivasi inilah yang menjadi alasan kuat bagi kita memilih tema “Bulatkan Tekad, Sungailiat Bermartabat” sebagai tema peringatan HUT ke-251 pada tahun 2017 ini,’’ ungkap Bupati Bangka.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati Bangka menjelaskan tentang berbagai prestasi yang diraih pada tahun 2016 dan pada tahun 2017 mendapat Piala WTN, Pangripta Serumpun Sebalai di bidang perencanaan selama 4 tahun berturut-turut dan inovasi Bangka Mudah Dapat Akta atau Bang Muda dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil masuk dalam TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) dari 3 ribu lebih inovasi seluruh Indonesia.

Untuk Mewujudkan Bangka Bermartabat, Pemkab Bangka mempunyai 23 program strategis yaitu Sistem Informasi Kemiskinan (Kembang Desa), Inovasi Cikar Resti Untuk Ibu Hamil Beresiko Tinggi (Bumilristi), Perburuan Anak Putus Sekolah (Bunaktuslah), Perburuan Orang Tua Hidup Sendiri (Buratuhiri) Dan Juga Rumah Layak Huni (Rulahu).

Program strategis lainnya yaitu program Maghrib Mengaji, One Day One Juz, Gerakan Pangan Lokal, Gerakan Semari (Sedekah Lima Ratus Rupiah Sehari), Program Jambanisasi Bersama TNI, Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), Jaminan Kesehatan Sepintu Sedulang (JKSS), Peningkatan Kualitas Public Safety Centre (PSC) 119, Bantuan Mobil Untuk Gapoktan dan Bumdes, Kebun Kelapa Sawit Rakyat (KKSR), Kebun Singkong Rakyat (KSR), Kebun Lada Rakyat, Kebun Karet Rakyat serta Program Sistem Integrasi Sapi - Kelapa Sawit (Siskasi).

‘’Dalam bidang pendidikan, kita juga ingin menjadikan Kota Sungailiat menjadi salah satu kota dengan pembangunan pendidikan yang baik dengan melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi yakni Institut Pertanian Bogor (IPB) sebanyak 19 orang penerima beasiswa, UPI Bandung sebanyak 31 orang penerima beasiswa, STPN Yogyakarta, dokter dan lainnya, termasuk dengan Polman Babel. Program beasiswa bagi siswa tidak mampu juga dilakukan baik di Kota Sungailiat maupun di kecamatan-kecamatan lainnya,’’ jelas Bupati Bangka.

Adapun kegiatan kemarin diawali dengan kegiatan cukur massal di Masjid Agung Sungailiat, sidang paripurna di DPRD Bangka, nganggung dua ribu dulang di Gedung Sepintu Sedulang, Sungailiat, dan pada sore harinya dilaksanakan pembukaan Bangka Expo 2017 di THR Batin Tikal Sungailiat.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Haryoso selaku Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra mengatakan, untuk memajukan Bangsa dan meningkatkan kesejahteraan Rakyat semestinya hal yang kita cermati setiap memperingati hari jadi daerah Apa yang telah dicapai dan yang belum tercapai kendala serta solusi untuk memperbaiki dan memajukan Daerah kita kedepan.

Ia berharap semoga Kabupaten Bangka beserta segenap jajaranya dengan dukungan DPRD dan Masyarakat dapat mengukir prestasi yang lebih baik lagi dalam penyelenggaraan Pemerintah, Pembangunan dan Kemasyarakatan.

Untuk itu Gubernur meminta marilah kita menegakkan sistem, memelihara keteraturan dan ketertiban serta menegakkan Pengawasan sehingga berdampak positif terhadap kemajuan pembangunan negeri dalam mewujudkan tujuan dan cita cita bersama yaitu terwujudnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yang Aman, Damai, Adil, Demokratis, Sejahtera dan Berdaya saing Global dalam wadah Kesatuan Republik Indonesia.

Diusia yang ke 251 Kota Sungailiat terus mengalami banyak kemajuan yang telah tercapai. Dari sisi lain Kota Sungailiat memiliki potensi-potensi menjanjikan dan sangat strategis yang perlu dikembangkan. Kota Sungailiat merupakan daerah indah yang memilki potensi luar biasa kaya akan pariwisata dan nilai nilai budaya, sikap optimis’tetap berjuang untuk mencapai tujuan yang lebih mantap walau senantiasa diiringi dengan berbagai rintangan dan tantangan di dalam perjalanan

Diakhir sambutan Gubernur yang dibacakan Haryoso, ia menyampaikan beberapa pesan Gubernur untuk pencapaian pembangunan.

“Pertama, kepada seluruh masyarakat agar aktif sama sama Pemerintah kabupaten Bangka, melaksanakan program dan kegiatan Pembangunan baik yang sedang dan yang akan dilaksanakan. Kedua, Sungailiat terkenal dengan kota tertib rapi, indah dan aman harus kita bangun dengan arif dan bijaksana. Ketiga, tingkatkan kepedulian sosial gotong royong dan kebersamaan. Keempat, tingkatkan rasa Persatuan dan kesatuan sebagai landasan dalam pelaksanaan pembangunan Kota Sungailiat dan dalam rangka terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Kelima kita curahkan segala daya dan upaya terwujudnya kesejahteraan di Kabupaten Bangka”, baca Haryoso.(MA)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Muhammad Anshori
Fotografer: 
Muhammad Anshori