HUT Ke-54 Taspen Serahkan Bantuan Kursi Roda dan Pengobatan Gratis

PANGKALPINANG - Tepat pada tanggal 17 April 2017, PT Taspen (Persero) berusia ke -54 tahun. Dalam memperingati HUT yang ke 54 tahun, Kantor Cabang Pangkalpinang PT Taspen mengadakan acara Penyerahan Bantuan Kursi Roda dan Pengobatan Gratis, pada Senin (3/04/2017) di Kantor PT.Taspen Cabang Pangkalpinang.

Asisten Sekretaris Daerah (Sekda) Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Babel, Haryoso mengatakan , dengan adanya bantuan sosial kepada masyarakat, diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat Bangka Belitung, khususnya Kota Pangkalpinang yang memperoleh bantuan kursi roda dan pengobatan gratis. Disamping itu kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat dalam membantu masyarakat khususnya para peserta Taspen sehingga para abdi negara setelah purna tugas tetap cerdas, sehat dan ceria.

Haryoso yang mewakili Sekda Babel berharap terjalinannya kerjasama yang harmonis antara PT taspen dengan Provinsi Babel, sehingga sesuai dengan tujuan PT Taspen dalam mendukung program pemerintah, yakni mensejahterakan kehidupan masyarakat bangsa Indonesia.

“Atas nama pemerintah provinsi Babel, saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada PT Taspen yang ke 54 tahun dan terimakasih serta  penghargaan setinggi-tingginya kepada PT Taspen atas apa yang diberikan kepada kami dan seluruh masyarakat Babel , khususnya Pangkalpinang,” lanjut Haryoso.

Kepala Cabang Pangkalpinang PT Taspen (Persero), Didik Murdiyanto menambahkan dalam rangka ulang tahun PT Taspen ada 2 program acara, yang pertama, penyerahan bantuan sosial yang berupa 10 Kursi roda dan yang kedua berupa pengobatan gratis untuk 250 orang. Untuk pengobatan gratis terdiri dari 150 orang untuk dokter umum, dan 100 orang untuk dokter gigi. Bantuan ini akan disebarkan ke seluruh masyarakat di sekitar lingkungan kantor PT Taspen Cabang Pangkalpinang. Acara pengobatan gratis sendiri dilaksanakan selama satu hari, pada tanggal 3 April 2017.

“Sejak berdirinya semenjak 17 April 1963 PT Taspen sudah melaksanakan tugasnya dalam melaksanakan jaminan sosial bagi pegawai Negeri atau Aparatur Sipil Negara (ASN),” Didik Murdiyanto.

Kepersertaan ASN aktif di Babel sekitar 31.280 ASN baik itu di Pemerintah Daerah maupun di Instansi vertikal, sedangkan untuk pensiun sekitar 6.900 pensiunan. PT Taspen Pangkalpinang sendiri setiap bulan membayar uang sebanyak 16,9 Miliar untuk 6.900 pensiunan. Sedangkan untuk klaim jaminan hari tua, pada tahun 2016 PT Taspen sudah membayar sekitar 33,3 Miliar.

Ditambahkan Didik Murdiyanto, selain program Pensiun dan Jaminan hari tua (tabungan hari tua), berdasarkan Peraturan Pemerintah No 70 tahun 2015, mulai Juli 2015 PT Taspen mempunyai 2 program tambahan, yaitu jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

“Untuk program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, sejak di mulai pada Juli 2015, kita sudah membayar sekitar 5, 8 Miliar sampai dengan bulan maret 2017,” lanjut Didik Murdiyanto.

PT Taspen mempunyai komitmen untuk selalu  meningkatkan pelayanan kepada seluruh peserta, sehingga peserta Taspen dalam hal ini pegawai aktif dan pensiunan dapat menikmati pelayanan Taspen yang mudah dengan sederhana dan tidak perlu bertele-tele.

“Sekarang menjadi pekerjaan rumah kami layanan di mitra kami, yaitu di perbankan dan pos karena masih banyak ngantri. Kedepan pelayananan akan kami tingkatkan bagaimana pelayanan pembayaran pensiun bulanan mulai dari tanggal 1 sampai dengan tanggal tertentu bisa dilaksanakan dengan baik, tidak terlalu banyak antrian, karena di Taspen sendiri tidak ada antrian, karena  untuk mengurus pensiun satu bulan sebelumnya sudah kita proses, begitu SK pensiun muncul langsung kita proses,” lanjut Didik Murdiyanto.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rizkyf
Fotografer: 
Rizkyf
Editor: 
Suci Lestari