Hut SatPol PP Ke-67, Wagub : SatPol PP Kedepankan Dialog Dengan Senyuman

PANGKALPINANG - Satpol PP merupakan potensi besar yang harus dimanfaatkan dan akan bertambah kuat dengan pemanfaatan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat dengan kegiatan-kegiatan seperti penegakan perda, penjaga ketertiban dan keamanan, pelibatan kegiatan deteksi dini, pengamanan, dan ancaman bencana.
 
"Satpol PP harus memberikan pelayanan yang cepat dan tepat atas segala ancaman, halangan, tantangan terkait Ketertiban Umum dan Ketentraman yang terjadi di tengah Masyarakat. Satpol PP harus ada dimana masyarakat membutuhkan," kata Hidayat Arsani Wakil Gubernur Bangka Belitung saat membaca sambutan Mendagri pada upacara Peringatan Hut ke-67 Satpol PP, Hut ke-55 Satlinmas, Hut ke-98 Damkar di halaman Kantor Gubernur di Pangkalpinang, Kamis (6/4/2017).
 
Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk. Menurut Hidayat, kemajemukan bukanlah hal yang asing dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun, pada era globalisasi, transparansi, dan reformasi,  tanpa disadari keadaan tersebut telah mampu menggeser nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam Pancasila. Satpol PP harus berperan menjaga keamanan dan ketertiban serta terlibat dalam pendeteksi dini.
 
"Satpol PP, Satlinmas serta segenap komponen pemerintahan untuk bersama-sama menjalin kerjasama yang massif dan kondusif agar ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang dapat memecah belah bangsa ini teratasi," tegasnya
 
Hidayat menambahkan bahwa pada era otonomi daerah, pemda diberikan keleluasaan untuk membentuk perda yang inovatif. Perda yang dihasilkan perlu diimplementasikan dan didukung dengan semangat penegakannya. Satpol PP dalam menjalankan tugas itu harus mengedepankan dialog dengan senyuman yang ramah kepada masyarakat.
 
"Tinggal pola pikir dilayani menjadi melayani masyarakat dimanapun berada. Selain itu Kualitas SDM Satpol PP juga harus ditingkatkan agar perda-perda ini bisa dijalankan," ujarnya.
 
Pada kesempatan itu, Wagub menyampaikan ucapan terimakasih dan permohonan maafnya kepada semua yang pihak yang telah mendukungnya selama menjalankan tugasnya sebagai Wakil Gubernur. Wagub juga mengingatkan agar pegawai selalu bekerja keras, profesional dan membantu Gubernur baru terpilih dalam membangun Babel.
 
"Terimakasih atas semuanya. Saya mohon maaf jika ada kesalahan selama menjabat. Kepada aparatur, mari bekerja keras dan profesional serta jangan bermain politik dan jangan sampai terjerat hukum. Semoga provinsi ini bisa jadi provinsi teladan di Indonesia," tutupnya.
 
Pada Hut ke-67 Satpol PP ini dilakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat antara Pemerintah Provinsi dengan Polda dan Pemkab/Pemkot se-Babel. Selain itu juga ada kegiatan penyerahan bantuan kepada anak yatim piatu, sumbangan dana pembangunan masjid, gotong royong membersihkan lingkungan dan kegiatan donor darah.
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto/Adi Tri
Fotografer: 
Adi Tri
Editor: 
Noviansyah