Ibu Melati, Targetkan Beberapa Program Untuk Dekranasda di Tahun 2020

PANGKALPINANG - Dekranasda Babel, dibawah kepengurusan Ibu Melati Erzaldi selama perjalanan kepemimpinannya mulai 2017 hingga akhir 2019 ini memiliki target besar terkait produk kerajinan Babel, makanan khas hingga pengenalan cual sebagai produk tenun asal Bangka.

Selama tahun 2019 ini, setidaknya 7 dari 8 program kerja Dekranasda selesai diawal Desember 2019. Tersisa satu kegiatan yang akan dilaksanakan di akhir Desember, yaitu Pembinaan Pengrajin Tenun Cual serta Pelatihan Kerajinan ini. 

Dalam Rapat yang dilaksanakan di ruang pertemuan kantor TP-PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Jumat (06/12), Ibu Melati sebagai Ketua Dekranasda Babel memimpin rapat yang juga membahas 6 (enam) program kerja tahun 2020 yang mengacu pada hasil Rakernas Dekranas 2019 lalu. 

“Saya bilang ini rapat evaluasi program kerja Dekranasda Babel selama tahun 2019”, ungkapnya.
Akhir 2019 menurutnya banyak yang harus dievaluasi, mulai dari kegiatan hingga kepengurusan. 
Selain itu Ibu Melati ingin kegiatan yang sudah direncanakan di tahun ini bisa teralisasi ditahun depan. 

“Selain evaluasi, kita juga akan membahas rencana kerja Dekranasda 2020”, tambahnya.

Beberapa hal yang menjadi target kerja Dekranasda kedepan, diantaranya pengelolaan website. Penegasan pengelolaan hingga kontennya yang tidak hanya pemberitaan, tetapi menjadi wadah penjualan.
Hal lainnya adalah pengenalan keberadaan Cual yang saat ini bahkan menggunakan tehnik olah kain pun mulai diterapkan di Babel.
“Melalui Dekranasda, seharusnya membawa unsur cual dalam tiap kegiatannya”, harapnya agar masyarakat luas mulai dapat membedakan antara batik dan cual.

Disinggung juga tentang kerajinan atau kriya asal Babel yang juga menjadi warisan budaya Babel, harus terus didorong peningkatan produksinya. 
“Kita terus dorong produk-produk ramah lingkungan, seperti daun lais yang bisa digunakan sebagai pengganti plastik belanja”, tegasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi