Ikut Gubernur Natak Kampung ke Teluk Limau, Ustad Hendi Sampaikan 4 Fungsi Masjid

JEBUS -- Ratusan pelajar berbaris di sisi jalan menyambut kedatangan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan rombongan, dalam Program Natak Kampung.

Sepanjang jalan di Teluk Limau, ratusan pelajar rebutan menyalami orang nomor satu di Provinsi Babel ini. Tampak tawa canda Gubernur bersama siswa-siswi SD dan PAUD.

"Ape kabar ikak-ikak sekalian, sehat semue ok. Jangan lupa harus rajin belajar. Ikuti nasihat guru dan orang tua ok. Semoga semua jadi orang pintar," sambut Gubernur saat bertemu ratusan siswa-siswi ini.

Sedikitnya  lima SD dan 2 PAUD yang menyambut kedatangan Gubernur di Teluk Limau, antara lain  PAUD  Bunga Bangsa dan PAUD Nusa Bangsa.  Usai menyalami dan bercanda dengan para generasi muda Bangka Belitung ini, Gubernur bersama rombongan dan Ustad Hendi Kurnia menuju Masjid Bustanul Jannah Teluk Limau.

Setibanya di masjid, ratusan masyarakat juga sudah menunggu di dalam dan di halaman masjid. Acara  selanjutnya diisi langsung dengan ceramah Ustadz Hendi Kurnia. Dalam ceramahnya, Ustad Hendi menekankan fungsi dan keutamaan masjid.

Sedikitnya, kata Ustad Hendi, ada empat fungsi masjid.  "Pertama fungsi ibadah, nanti ketika masjid dibangun harus berjamaah untuk memakmurkan masjid," ujar Ustad Hendi memulai ceramahnya.

Selanjutnya, kata Ustad Hendi, fungsi masjid kedua adalah fungsi dakwah. Kedatangan ustad dan ulama ke masjid menjadikan masjid sebagai sarana dakwa. Apalagi jika diisi kegiatan rutin pengajian ibu- ibu dan bapak- bapak jamaah masjid, tentu akan memakmurkan masjid sebagai fungsi dakwah.

Sedangkan fungsi ketiga, masjid dijadikan sebagai tempat taklim, untuk belajar. Di masjid ini masyarakat bisa belajar fiqih, belajar ilmu sholat, dan keutamaan ibadah lainnya. 

"Dan yang keempat fungsi hikmat, siapkan makanan dan minuman ketika ada musafir singgah di masjid. Kita doakan Pak Gubernur yang peduli dan selalu memakmurkan masjid," ujar Ustad Hendi menutup ceramahnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Aditri Saputra