Indahnya Pantai Tanjung Pabrik, Pantai Siangau dan Batu Belimbing Parit Tiga Bangka Barat

PARIT TIGA, BANGKA BARAT - Pulau Bangka sesungguhnya memiliki banyak titik objek wisata alam yang sangat bagus untuk dikembangkan, salah satu titik ojek wisata alam yang sangat potensial untuk dikembangkan tersebut berada di Kecamatan Parit Tiga Kabupaten Bangka Barat, yaitu Pantai Tanjung Pabrik, Pantai Siangau dan Batu Belimbing.

Pantai Tanjung Pabrik dan Pantai Siangau yang secara administratif terletak di Dusun Pala Desa Teluk Limau, sedangkan Batu Belimbing secara administratif terletak di Desa Jebu Laut. Pantai Tanjung Pabrik dan Pantai Siangau sebenarnya letaknya bersebelahan, hanya saja terpisah oleh sebuah bukit.

Pada Sabtu dan Minggu, 8-9 Juli 2017 babelprov.go.id pun berkesempatan untuk mengunjungi ketiga objek wisata alam tersebut bersama rekan-rekan dari Komunitas Sepeda Lipat Pangkalpinang (KELIPAN) yang diketuai oleh Sdr.Framayoga Fairuzie.

Tim memulai perjalanan dari Kota Pangkalpinang menggunakan 1 unit mobil pickup untuk membawa sepeda lipat serta 2 unit minibus untuk pembawa para pesepeda pada Sabtu (08/7/2017) pukul 05.00 WIB dan sampai di Terminal Bus Kelapa pada pukul 06.00 WIB. Selanjutnya perjalanan dilakukan menggunakan sepeda lipat dengan jarak tempuh sekitar 85 Km menuju destinasi pertama yaitu Pantai Tanjung Pabrik.

Pantai Tanjung Pabrik mirip sebuah teluk yang berada dikaki bukit dengan beberapa buah bangunan semacam villa. Pantai ini memiliki pasir yang putih, air yang jernih dan ombak yang tenang serta dihiasi beberapa pohon kelapa dan susunan batu-batu granit besar yang indah. Suasananya yang sangat tenang serasa berada di pantai pribadi, membuatnya sangat cocok digunakan untuk bercamping ria.

Selanjutnya keesokan hari (09/7/2017), setelah melepaskan lelah bersepeda di villa, perjalanan dilanjutkan bersepeda sekitar 2,5 Km menuju Pantai Siangau. Keaslian pantai yang cukup panjang dengan pasir putihnya yang halus, serta susunan batu granitnya yang indah sungguh memanjakan mata. Disinipun anda dapat menikmati jernihnya air laut dan batu karang, sungguh waktu yang dihabiskan untuk pergi ke sana akan terbayar dengan keindahan Pantai Siangau.

Setelah puas menikmati Pantai Siangau, kami menuju destinasi ketiga yang juga sangat indah yaitu Batu Belimbing di Desa Jebu Laut dengan menempuh perjalanan sekitar 17 Km dari Pantai Siangau. Batu belimbing letaknya tak jauh dari pantai. Formasi batuan-batuan raksasa yang menjulang tinggi bak bukit-bukit  ini merupakan salah satu fenomena keindahan alam di Bangka Belitung yang entah bagaimana gugusan batu granit tersebut bisa memiliki bentuk demikian. Celah-celah vertikal di seluruh dinding batu, terbentuk secara alami menyerupai buah belimbing. Disini kita dapat melakukan aktivitas pendakian bahkan camping diatas batu belimbing ini sembari menikmati indahnya sunset dan sunrise dari atas batu.

Namun tentunya, semua keindahan alam ini akan dapat dinikmati dan terjaga, apabila dikelola dengan baik oleh pemerintah ataupun dikerjasamakan dengan masyarakat dan pihak investor untuk melengkapi fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan. Terutama akses jalan yang baik, petunjuk jalan, ketersediaan MCK dan warung-warung yang menjual makanan serta minuman ringan, sehingga wisatawan yang datang tentunya akan lebih mudah menjangkau destinasi-destinasi wisata yang sangat potensial tersebut.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Noviansyah
Fotografer: 
KELIPAN