INDO MXGP Championship dan Sungailiat Triathlon 2017

Jakarta, 27 Februari 2017 –  Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi memimpin jumpa pers penyelenggaraan INDO MXGP Championship  dan Sungailiat Triathlon 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta kantor Kementerian Pariwisata (kemenpar), Senin (27/2/2017).

Penyelenggaraan kejuaraan olahraga motocross bertaraf internasional INDO MXGP Championship yang baru pertamakali diselenggarakan Indonesia ini akan berlangsung di Pangkalpinang, Bangka pada 4-5 Maret 2017, sedangkan lomba lari Sungailiat Triathlon  2017 yang memasuki tahun ke-5 diikuti para atlet mancanegara tersebut akan berlangsung di Kota Sungailiat, ibukota Kabupaten Bangka, pada 20-22 April 2017 mendatang.

Penyelenggaraan wisata olahraga (sport tourism) ini sebagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bangka Belitung sekaligus mendukung program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia yang tahun ini menargetkan 15 juta kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) dan 265 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi penyelenggaraan event sport tourism internasional tersebut sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Bangka Belitung. “Event sport tourism memberikan dampak langsung (direct impact) pada ekonomi masyarakat serta mempunyai nilai pemberitaan (news value) yang tinggi sehingga menjadi sarana promosi efektif,” kata Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, lebih dari 27 negara dipastikan akan mengikuti ajang INDO MXGP Championship sebagai salah satu kejuaraan olahraga motocross bergengsi yang diikuti para pembalap motocross terbaik dunia berlangsung di 19 sirkuit terbaik Eropa, Amerika Serikat, Qatar, Thailand, Malaysia, Argentina, dan Meksiko pada Februari hingga September. “The MXGP World Championship merupakan showcase sempurna karena ditonton lebih dari 1,42 miliar pemirsa TV. Kita gunakan momentum ini sebagai ajang untuk mem-branding Wonderful Indonesia ke mancanegara,” kata Arief Yahya.

Sementara itu penyelenggaraan Sungailiat Triathlon 2017 ditargetkan akan diikuti 600 peserta  dari berbagai provinsi di Indonesia dan mancanegara atau terjadi peningkatan signifikan dibandingkan pada penyelenggaraan Sungailiat Triathlon 2016 tahun lalu diikuti 428 peserta dari 19 negara. Sungailiat Triathlon 2017 akan melombakan kelas individual long distance, individual standard distance, individual sprint distance, dan relay standard distance.

Gubernur Rustam Effendi menjelaskan, dipilihnya Pangkalpinang sebagai lokasi penyelenggaraan INDO MXGP Championship 2017 antara lain karena memiliki tekstur tanah yang berpasir sebagai karakter yang cocok untuk sirkuit MXGP. Selain itu lokasi tersebut merupakan satu-satunya venue yang langsung berseberangan dengan pantai yang tumbuh resort dan hotel. “Kita akan memanfaatkan ajang INDO MXGP Championship 2017 untuk mempromosikan Wonderful Pangkalpinang,” kata Rustam Effendi.

Acara jumpa pers INDO MXGP Championship dan Sungailiat Triathlon 2017 juga menghadirkan sejumlah narasumber antara lain; Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah, Bupati Bangka Tarmizi Saat, Ketua IMI Indonesia Sadikin Aksa, Presiden Triathlon Buddies Chaidir Akbar, dan Peringkat I Triathlon Indonesia Abdoullah Mitiche.

(Biro Hukum dan Komunikasi Publik - Siaran Pers Kementerian Pariwisata RI)

Sumber: 
Kementerian Pariwisata RI
Penulis: 
Biro Hukum dan Komunikasi Publik
Fotografer: 
Khalimo Tabarani
Editor: 
Noviansyah