Ingin Belanja Telur Murah di GOR Sahabudin Tempatnya, Hanya Rp1250/butir

PANGKALPINANG -- Ini kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan produk pertanian dan peternakan dengan harga terjangkau. Produk itu bisa didapatkan pada acara Gebyar Produk Peternakan dan Kontes Ternak Sapi Hasil IB Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di GOR Sahabudin, Selasa (8/11/2018).

Harga telur hanya Rp1250 per butir. Tak hanya bisa membeli telur,  pasalnya peserta gebyar kali ini juga menjual produk lainnya, seperti susu hingga kebutuhan bercocok tanam. Setelah berbelanja, pengunjung bisa melihat sapi berbobot hingga ratusan ton.

Sapi dijual hidup per ekor dengan hitungan jual per kilogram Rp60.000 hingga Rp65.000. Sebelum dijual, sapi ditimbang, kemudian jumlah timbangan diakumulasi dengan harga jual per kilogramnya. Untuk ukuran bobot sampai 1,2 ton, harga jual berkisar diangka Rp72 juta hingga Rp78 juta.

Staf Ahli Bidang Ekonomi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Haryoso mengatakan, jumlah sapi masih belum banyak, sementara kebutuhan daging di Bangka Belitung cukup tinggi. Kondisi ini membuat harga daging menjadi cukup mahal. Untuk itu, perlu memperbanyak jumlah sapi.

"Pengembangan sapi bisa menggunakan pakan dari lokal. Selain itu, hendaknya masyarakat dapat mengurangi ketergantungan terhadap daging," saran Haryoso saat membuka acara Gebyar, di Halaman GOR Sahabudin, Rabu (8/11/2018).

Pantauan babelprov.go.id di lokasi acara, cukup banyak pengunjung mendatangi lokasi. Kesempatan ini juga dijadikan sebagai ajang mengkampayekan minum susu sapi bagi anak-anak usia bermain. Bagi masyarakat yang ingin bercocok tanam, bisa langsung mendapatkan pengarahan dari penjaga stand.

Terdapat beberapa peternak mendapatkan bantuan bibit sapi berkualitas dari pemerintah provinsi. "Diharapkan bantuan sapi ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Sedangkan untuk acara seperti ini disarankan dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat kabupaten/kota," kata Haryoso.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari