Ini Hoaks Baru Soal Lion Air JT-610

PANGKALPINANG—Bersikaplah bijak dan cerdas dalam menyingkapi tragedi jatuhnya pesawat Lion Air JT-610, dengan tidak menyebarkan informasi hoaks atau atau menyebarkan informasi yang tidak ada nilai kebenarannya. Jika mendapatkan informasi apapun tentang tragedi jatuhnya   Lion Air JT-610 rute Jakarta - Pangkal Pinang pada tanggal 29 Oktober 2018 lalu, terutama informasi dari media sosial agar informasi itu cukup di diri Anda sendiri. Jangan menyebarkan informasi itu kepada orang lain!
Sebab saat ini banyak berkembang informasi hoaks, baik itu berupa berita, foto, atau video yang menyebar di masyarakat. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia kembali merilis asil Identifikasi Hoak Terkait Lion Air JT-610 per tanggal 31 Oktober 2019.  Adapun informasi hoaks terbaru yang berhasil diindentifikasi oleh Kominfo adalah:

HOAKS PERTAMA
Tersebar video yang berisi transkrip rekaman pilot dan co-pilot dengan judul “KASIHAN...!!! Transkrip Rekaman Pilot dan Co-Pilot ''Black Box'' Detik-detik Kecelakaan Pesawat” yang diduga milik pesawat Lion Air JT- 610.
Penjelasan:
Video tersebut sama sekali tidak terkait dengan peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta – Pangkal Pinang pada tanggal 29 oktober 2018.
Faktanya, video tersebut merupakan rekaman Black Box Pesawat Air Asia QZ 8501 pada tanggal 9 Januari 2015.
Menurut Kementrian Kominfo, konten tersebut bila dilihat dari youtube langsung tidak bisa dikatakan hoaxs karena tidak ada disinformasi dan tidak ada unsur menyesatkan. “Akan tetapi apabila di-share ulang ke sosmed dengan deskripsi atau dihubungkan dengan kejadian kecelakaan pesawat Lion Air JT-610 baru akan menjadi konten hoaks,” seperti tertulis dalam rilis tersebut.

HOAKS KEDUA 
Rekaman blackbox saat jatuhnya pesawat Lion Air JT-610.
Penjelasan:
Rekaman tersebut sama sekali tidak terkait dengan peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta – Pangkal Pinang pada tanggal 29 Oktober 2018.
Faktanya, rekaman Black Box yang benar adalah rekaman dari Black Box pesawat Adam Air Flight 574 rute penerbangan Surabaya-Manado bukan rekaman Black Box Lion Air JT-610 JT-610.

Plt. Kepala Biro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, terus mengingatkan agar netizen hati-hati dengan jarinya di media sosial. Atau bisa terancam hukuman karena melanggar UU ITE. 

"Kami ingatkan kembali bahwa setiap aktivitas kita di ruang siber (cyber space), termasuk aktivitas mendistribusikan, mentransmisikan dan membuat dapat diaksesnya Informasi hoaks diatur dengan UU RI No 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)," kata  Ferdinandus.
 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Mamaq