Ini Top 10 Calender of Event Wonderful Indonesia 2020

Jakarta.  Kementerian Pariwisata terus berinovasi mengembangkan potensi pariwisata Melalui program strategis Calender Of Event (CoE) Wonderful Indonesia,  Kemenpar mendorong atraksi wisata maupun budaya di setiap daerah memiliki standar nasional maupun internasional.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan bahwa program CoE pertamakali dibuat pada tahun 2017.
" Tahun 2017, kita masih meminta usulan 3 event dari tiap Provinsi. Kemudian mulai tahun 2018 sampai sekarang kita mengkurasi usulan event-event dari tiap daerah dengan menetapkan 3 kriteria yakni Cultural/Creative Values, Comercial Values dan Communication Values" ujar Arief saat memberi sambutan pada acara Launching Calender Of Event Wonderful Indonesia 2020, Selasa malam (15/10) di Ruang Balairung Soesilo Soedarman,  Gedung Sapta Pesona,Jakarta.

Selanjutnya bersama pejabat eselon di lingkungan Kemenpar RI,  Kepala Daerah dan Kepala Dinas Pariwisata dari 34 Provinsi,  Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengumumkan Top 10 Calender of Event Wonderful Indonesia 2020.

Adapun event yang masuk sebagai Top 10 CoE Wonderful Indonesia 2020 adalah: 
1.Pesta Kesenian Bali
2.Jember Fashion Carnival
3.Banyuwangi Etnho Carnival
4.Art Jogya
5.Sanur Village Festival
6.Iron Man 7.3 Bintan
7.Borobudur Marathon
8.Java Jazz
9.F8 Festival
10.Tomohon International Flowef Festival.

Esthy Reko Astuti,  selaku Ketua Tim Pelaksana CoE menuturkan kurasi dilakukan oleh Tim Kemenpar yang berasal dari profesional di bidangnya. 

" Tim Kurator pada CoE ini, untuk Creative Values ada Eko Supriyanto,  Denny Malik,  dan Heru Prasetyo,  untuk Cultural Values ada Taufik Rahzen, sedangkan untuk Communicatio/media values ada Don Kardono dan yang terakhir ada Jack Mussry pada Comersial Values" kata Esthy.
Lebih jauh lagi beliau mengatakan bahwa proses penentuan event ini sudah di mulai dari awal tahun. 

" Kami meminta tiap Provinsi mengajukan 10 event terbaik.Dan ini responnya luar biasa, ada 369 event yang diajukan oleh 34 Provinsi. Event-event ini kemudian diseleksi oleh Tim Kurator dan tadi siang adalah penentuan finalnya. Terdapat 100 event yang masuk dalam CoE Wonderful Indonesia 2020 ini" ungkapnya lagi.

Sumber: 
Disbudpar Babel
Penulis: 
Imelda