Istri ASN Mampu Memberi Kontribusi dan Bukti Nyata

Pangkalpinang – Istri Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut mampu memberikan kontribusi dan bukti nyata dalam mendukung pembangunan. Upaya mewujudkan keinginan tersebut dengan melakukan peningkatan kualitas perempuan, khususnya dalam peningkatan ekonomi keluarga.

Hj Ervina Murniyati Yuswandi Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, organisasi ini terus berupaya meningkatkan kualitas istri ASN. Berbagai kegiatan DWP merupakan bentuk peningkatan ekonomi keluarga dan kemampuan teknis lainnya.

“Berbagai kegiatan telah dilakukan DWP seperti bakti sosial, donor darah dan sosialisasi,” kata Ervina ketika konferensi pers di Media Center, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (7/12/2016).

Menurut Ervina, bakti sosial merupakan kegiatan positif. Melalui kegiatan ini bisa membantu dan berinteraksi secara langsung dengan masyarakat. Tahun ini DWP telah memberikan bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu di Kelurahan Opas Pangkalpinang.

Organisasi DWP ingin membantu pengembangan wanita. Ia menambahkan, untuk itu perlu ada kerja sama mengadakan pelatihan dengan berbagai sektor. Selanjutnya pemberian pelatihan disesuaikan dengan minat dan bakat anggota.

“Ibu-ibu dekat pantai bisa mendapatkan pelatihan tentang pengolahan ikan. Pelatihan juga bisa di bidang kerajinan, sehingga mampu menghasilkan produk berkualitas. Dengan kemampuan yang dimiliki, mereka dapat memperoleh penghasilan sendiri," jelasnya.

Menyinggung mengenai kasus KDRT, Ervina menyatakan belum bisa melakukan pendataan. Biasanya kasus dalam rumah tangga ASN dapat diselesaikan secara intern, sehingga tidak sampai ke pengadilan. Namun dinas terkait siap menindaklanjuti setiap laporan dan menyelesaikannya.

“Kalau di lingkungan masyarakat, biasanya terdapat samacam posko seperti ada rumah aman. Rumah ini diperuntukan bagi korban KDRT. Korban KDRT biasanya disembunyikan di rumah tersebut agar merasa aman," tambahnya.

Hal senada disampaikan Yani Yan Megawandi Ketua DWP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Menurutnya, DWP terus melakukan sosialisasi kepada anggota untuk menciptakan keluarga harmonis. Selain itu organisasi memberikan motivasi agar perempuan berperan aktif.

“Meskipun sebagai wanita karier, harus dapat menempatkan keluarga menjadi nomor satu. Ini merupakan bagian kemampuan perempuan,” ungkapnya.

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra