IVA Test Langkah Proteksi Kaum Perempuan

Pangkalpinang – Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ikut menggelar Pencanangan Program Nasional Gerakan Pencegahan dan Deteksi Kanker (IVA TEST), Selasa (21/4/2015). Kegiatan yang digelar di Puskesmas Girimaya tersebut merupakan langkah proteksi pemerintah untuk mengurangi tingkat kematian pada wanita disebabkan kanker serviks.

Kegiatan IVA Test ini merupakan upaya untuk mendeteksi kanker serviks pada fase pra kanker. Ini menjadi kegiatan berkelanjutan lima tahunan dan dilakukan evaluasi secara periodik. Evaluasi pelaksanaan tahun 2015 dilaksanakan tanggal 22 Desember 2015 mendatang bertepatan dengan peringatan Hari Ibu.

Program nasional pencegahan dan deteksi kanker pada perempuan, merupakan salah satu program kerja organisasi aksi solidaritas era kabinet kerja dicanangkan Ibu Negara, Hj Iriana Joko Widodo tanggal 18 Maret 2015 lalu di Istana Negara Jakarta. Ketua Tim Penggerak PKK di semua jenjang diharapkan segera menindaklanjuti kegiatan tersebut.

“Koordinasi dengan instansi, SKPD terkait dan membentuk tim pusat informasi beranggotakan tim penggerak PKK, tokoh masyarakat dan ormas lainnya di setiap jenjang tim penggerak PKK,” jelas Lenny Rustam Effendi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, saat membuka acara Pencanangan Program Nasional Gerakan Pencegahan dan Deteksi Kanker pada Perempuan Indonesia di Puskesmas Girimaya, Pangkalpinang, Selasa (21/4/2015).

Menindaklanjuti arahan Ibu Negara, jelasnya, Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kota Pangkalpinang, instansi terkait dan BPJS melaksanakan kegiatan Pencanangan Pelaksanaan Program Nasional Gerakan Pencegahan dan Deteksi Kanker pada Perempuan Indonesia tingkat Provinsi.

Tim Penggerak PKK di semua jenjang dapat menyosialisasikan kepada tim penggerak PKK kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan, dan PKK dusun/lingkungan, PKK RW, PKK RT dan kelompok dasawisma terkait pelaksanaan dan syarat-syarat menjadi peserta IVA Test ini.

"Syarat-syarat menjadi peserta IVA Test adalah wanita sudah menikah dan sudah terdaftar sebagai peserta BPJS/Jamkesmas. Target peserta minimal 100 orang," jelasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Fajrina
Editor: 
Huzari