Jadikan Bencana sebagai Peringatan, Gubernur Erzaldi: Sudah Tertulis di Al-Qur'an

BANGKA BARAT -- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengingatkan warga Desa Air Putih, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat agar menjadikan bencana gempa dan tsunami belakangan ini sebagai peringatan. Hal ini hendaknya dapat meningkatkan keimanan warga desa khususnya, dan masyarakat Bangka Belitung umumnya.

"Terus pelihara salat Subuh berjamaah. Banyak manfaat dan faedah jika melakukan salat Subuh berjamaah. Selain bisa mendekatkan diri dengan Allah SWT, juga bisa menambah ketebalan iman, meningkatkan kesehatan," kata Gubernur Erzaldi usai salat Subuh di Masjid Miftahuddin, Dusun Kamang Masam, Air Putih, Kamis (11/10/2018).

Lebih jauh Gubernur Erzaldi menjelaskan, jika fisik sehat dan kuat membuat pekerjaan menjadi lebih cepat diselesaikan. Membiasakan salat Subuh juga bisa membuat pikiran menjadi plong, jauh dari beban. Sekarang ini sudah banyak yang bisa dilihat peringatan tertulis dalam Al-Qur'an. 

Gempa di Palu merupakan musibah terakhir yang bisa dilihat. Gubernur Erzaldi menambahkan, selain di Palu ada juga lempeng besar di antara Bandung dan Jakarta. Selain itu ada titik gempa lokasinya tak jauh dari Bangka Belitung. Jika tertimpa musibah, hendaknya bisa berserah diri kepada Allah SWT, namun sebelumnya harus melakukan persiapan.

Mulai sekarang persiapkan diri masing-masing. Persiapan tidak hanya fisik, sebab tak kalah penting untuk mempersiapkan keimanan dan menambah ketaqwaan. Gubernur Erzaldi juga menyarankan agar warga selalu bersyukur terhadap nikmat yang telah diberikan Allah SWT selama ini. Pasalnya semakin banyak bersyukur, Allah SWT akan memberikan lebih banyak lagi.

"Saat ini kondisi perekonomian kurang baik, harga sawit, sahang dan karet masih murah. Sementara bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Namun kita harus tetap sabar, jangan mengeluh," pesan Gubernur Erzaldi.

Kondisi sekarang ini bisa menjadi pemancing bagi warga untuk terus berbuat baik. Gubernur Erzaldi menambahkan, pancing dengan banyak bersedekah dan terus mengeluarkan zakat. Sebab menjadi warga jangan hanya meminta, tetapi harus juga memberi kepada sesama. Ada rezeki orang lain dalam rezeki yang didapatkan.

"Bersyukur dengan adanya rezeki selama ini, namun ada hak orang lain dalam rezeki tersebut. Bayar zakat dan jangan berhenti berdoa, sehingga Allah SWT memberikan rahmat," ajak Gubernur Erzaldi.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Mamaqdudah