Jadikan Ramadan Ajang Mengubah Diri dan Mendekat Illahi, Ini Salah Satu Caranya

BAKAM -- Bersyukur masih bisa merasakan nikmatnya menjalani ibadah Ramadan. Untuk itu, jadikan momen ini kesempatan mengubah diri menjadi lebih baik dan lebih dekat kepada illahi. Caranya, introspeksi menuju perubahan sehingga berjalan sesuai dengan ketentuan Allah SWT.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menyarankan, umat muslim harus mendapatkan manfaat yang banyak di bulan Ramadan. Sebab amal ibadah puasa yang dikerjakan sekarang bukan hanya untuk saat ini, melainkan bisa memberi syafa'at di masa mendatang.

"Kebaikan yang kita lakukan hendaknya bisa menyelamatkan generasi muda," kata Gubernur Erzaldi saat menyampaikan khotbah Jumat di Masjid Sirotholmustaqim, Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka, Jumat (25/5/2018).

Segala dosa dimasa lampau akan diampuni Allah SWT, jika umat Islam menjalankan puasa Ramadan mengharapkan ridho dari Allah SWT. Gubernur Erzaldi menjelaskan, sebagai umat terbaik hendaknya terus dapat mengajak sesama ke jalan kebaikan dan mencegah keburukan.

Sosok Nabi Muhammad SAW sebagai teladan umat Islam. Gubernur Erzaldi menegaskan, Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang patut dicontoh dalam menjalankan segala aspek kehidupan. Namun sayang, sebagai umat pengikut Nabi Muhammad SAW, tetapi belum menjadi pengikut sesungguhnya.

"Sehingga kondisi kehidupan kaum muslimin dari sisi ekonomi atau tingkat kesejahteraan masih terpuruk, bahkan akan menjadi lebih terpuruk jika hal tersebut dibiarkan," jelas Gubernur Erzaldi.

Perekonomian selama ini diambil selain umat Islam, kata Gubernur Erzaldi, dikarenakan akibat perbuatan umat Islam sendiri. Sebab tidak siap dan selalu menyerah kepada keadaan. Selain itu, pola mendidik anak dengan cara keliru yakni selalu memberikan kemudahan.

Untuk itu, sarannya, harus ada tindakan tegas diterapkan kepada generasi muda, sehingga dapat mengikuti yang telah dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Caranya membiasakan anak berbuat baik, memperbanyak sedekah, agar menjadi generasi saleh dan saleha.

"Agar kehidupan tidak terpuruk dan menjadi lemah, mari bangkit bersama-sama menyelamatkan perekonomian kita. Mari asah kecerdasan generasi muda," kata Gubernur Erzaldi.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Adi Tri Saputra