Jambore Pemuda Daerah Resmi Di Buka

Sungailiat - Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, membuka secara resmi Jambore Pemuda daerah (JPD), senin (02/09/2019) malam, dipantai matras kabupaten Bangka. diikuti sebanyak 50 orang peserta, perwakilan dari kabupaten/kota sebabel. mulai 2-6 September 2019. Kabupaten Bangka dipercaya menjadi tuan rumah.
 
Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman dalam hal ini Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Toni Batubara, berharap, kegiatan tersebut dapat melahirkan pemuda pemudi terbaik guna mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke kancah Nasional.
 
"Saya berharap kegiatan ini dapat melahirkan pemuda pemudi terbaik Bangka Belitung untuk ke tingkat Nasional nanti," tuturnya, saat membuka secara resmi JPD, dipantai matras kabupaten Bangka, Senin (02/09/2019) malam.
 
50 orang peserta yang terdiri dari perwakilan kabupaten/kota sebabel, tersebut akan diseleksi dan dipilih sekitar 12 orang pemuda yang terbaik untuk mewakili babel ke tingkat nasional mengikuti jambore pemuda indonesia (JPI) bulan oktober di Manado. Akan diikuti seluruh perwakilan pemuda se-Indonesia.
 
Sementara itu, Bupati kabupaten Bangka, Mulkan, berharap kegiatan jambore pemuda daerah dapat dijadikan sebagai momentum dalam mempererat hubungan antar Kabupaten/Kota di provinsi Babel.
 
"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mempererat silaturahmi Kabupaten/Kota. Semoga para peserta Jambore dapat memberikan hasil yang terbaik", harapnya.
 
Ditambahkannya, pemuda pemudi peserta JPD merupakan agen perubahan bagi Daerah masing-masing, sehingga diperlukannya peningkatan kualitas diri, untuk mengenalkan kultur kebudayaan yang ada. Selain itu, katanya, para pemuda harus menanamkan dan terus memupuk rasa cinta terhadap daerah, selaku generasi penerus yang berjati diri kebangsaan dan mencintai tanah air.
 
"Kegiatan ini guna meningkatkan wawasan kebangsaan para pemuda dan pemudi agar cinta tanah air, tunjukkan yang terbaik, karena pemuda/i merupakan penerus pembangunan di Daerah masing-masing", pungkasnya.
 
Kepala dinas kepemudaan dan olahraga Babel, Suharto, sangat mendukung dan tentunya mengapresiasi adanya kegiataan jambore pemuda. Diharapkan, setelah mengikuti jambore, para pemuda dapat menjadi pelopor dan memberikan manfaat kepada pemuda yang lain dan lebih mandiri.
 
"Menjadi pelopor dengan harapan bisa menjadi suri tauladan dan pemuda yg handal, sehingga tidak selalu bergantung kepada pemerintah saja" jelas, kadiskepora suharto.
 
Sementara itu, Ferdian Hermawan Loebis, Kepala Bidang pemberdayaan dan pengembangan kepemudaan diskepora Babel, menjelaskan, jambore pemuda daerah (JPD) diikuti sebanyak 50 orang peserta, setiap kabupaten/kota mengirimkan 7 orang pemuda. kecuali, tuan rumah Kabupaten Bangka 8 orang, ujar Ferdian akrab disapa Bob.
 
"dengan mengikuti kegiataan JPD ini, semoga pemuda di babel akan lebih disiplin, kreatif dan inovatif serta mempunyai wawasan yang lebih luas", harap, Bob.
Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Adits