Jelang Kedatangan Bulan Suci Ramadhan, Gubernur Minta Pemkot Prioritaskan Lampu Jalan

PANGKALPINANG -- Dalam hitungan bulan, Bulan Suci Ramadhan akan mengunjungi umat Islam, termasuk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini. Menjelang kedatangan bulan suci bagi umat Islam ini, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung memberikan perhatian lebih.

Usai berolahraga pagi di Alun-Alun Taman Merdeka (ATM) Pangkalpinang, Gubernur Babel di dampingi Pjs Walikota Pangkalpinang Asyraf Suryadin berkeliling Alun-Alun dan Taman Wilhelmina (Tamansari--red).

Dalam kunjungan singkat ini, Gubernur Erzaldi meminta kepada Pjs Walikota Asyraf Suryadin untuk mempercantik seputaran alun-alun dan Taman Wilhelmina. Pasalnya kata Gubernur, dua lokasi tersebut sekarang sudah menjadi ikon Kota Pangkalpinang. Sehingga perlu ada perhatian serius, guna memberikan kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan bulan suci Ramadhan tahun 2018.

Gubernur menginginkan Alun-Alun Taman Merdeka dan Taman Wilhelmina dihiasi lampu hias agar  mempercantik kota selama bulan Ramadhan. Selain itu, Gubernur Erzaldi juga berharap Pemerintah Kota Pangkalpinang  melakukan sejumlah kegiatan yang terkait dengan penerangan jalan dalam menyambut suasana ibadah bulan puasa pada tahun ini.

Gubernur menyarankan Pemkot Pangkalpinang bisa  bekerja sama dengan PLN, guna melakukan pemeliharaan jaringan lampu penerangan jalan. Termasuk di dalamnya, penebangan pohon yang berada di bawah lampu jalan di sejumlah wilayah Kota Pangkalpinang.

"Sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadhan 1439 H, di mana umat Muslim khususnya di ibu kota provinsi ini akan banyak melakukan aktifitas, terutama beribadah di malam hari," kata Gubernur Babel Erzaldi Rosman.

Politisi Partai Gerindra ini menjelaskan, penerangan jalan merupakan salah satu fasilitas publik yang sangat vital pada bulan puasa mengingat warga lebih banyak beraktifitas di malam hari. Karena itu, selain melakukan pemeliharaan lampu jalan, kegiatan ini juga difokuskan melakukan penebangan dahan maupun ranting yang menutupi lampu jalan.

Hal itu karena selama ini lampu penerang jalan terganggu akibat adanya dahan  maupun ranting pohon yang menutupi. Dengan kegiatan ini Gubernur berharap umat Islam di Kota Pangkalpinang dapat merasa lebih nyaman dalam menjalani ibadah bulan puasa pada tahun ini.

Selain itu, Gubernur  juga meminta Pemkot bersinergi dengan PLN  memaksimalkan penerangan di areal-areal penting, seperti jalan menuju masjid, perkuburan, ruang terbuka umum dan titik-titik kumpul para remaja.

"Dengan langkah ini diharapkan kita bisa meminimalisir terjadinya kenakalan remaja dan keamanan di bulan ramadhan," pinta Gubernur.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Istimewa
Editor: 
Irwanto