JELANG PILKADA 2020, DP3ACSKB BABEL LAKUKAN RAPAT KONSOLIDASI TERKAIT DATA KEPENDUDUKAN

BELITUNG-- Data Kependudukan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada)2020 nanti akan dijadikan sumber data yang akan menjadi Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4).

Ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Susanti dalam Rapat Konsolidasi Data Kependudukan se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Hotel Grand Hatika Tanjung Pandan pada Kamis (17/10/2019).

"Pada pileg dan pilpres data hanya disandingkan, sedangkan untuk pilkada 2020 data dukcapil akan dijadikan sumber data yang nantinya akan menjadi DP4", jelasnya.

Susanti berharap dokumen kependudukan bukan hanya sekedar dicetak,  namun bisa bermanfaat layaknya Kartu Identitas Anak (KIA).

"Bila memungkinkan nanti kita dari Pemerintah Provinsi akan memfasilitasi pembersihan data antar Kabupaten/Kota se-Provinsi Bangka Belitung sehingga data kependudukan semakin akurat", terangnya.

Ferry Anggarendra narasumber dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI menyebutkan bahwa Penyerahan DP4 2020 akan diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ke KPU Pusat. 

"Sebanyak 9 Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak di tahun 2020 nanti yang akan memanfaatkan data kependudukan ini", urainya.

Sumber: 
DP3ACSKB Babel
Penulis: 
Lisya Ayu