Jika Ingin Nyaman Mudik Lebaran, Perhatikan Hal-Hal Berikut

PANGKALPINANG -- Tentunya ada trik untuk melakukan mudik lebaran. Sehingga pemudik bisa menikmati selama perjalanan panjang menuju kampung halaman. Seharusnya pemudik bisa membuat perjalanan menjadi menyenangkan, pasalnya tradisi mudik ini terus berulang setiap tahunnya.

"Pak Gubernur menyampaikan kepada kami agar masyarakat yang mudik merasa nyaman. Untuk itu kita menginformasikan berupa saran-saran bagi pemudik," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (28/5/2018).

Pertama, kata Kadishub Tajuddin, pemudik hendaknya berdoa sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran. Sehingga keinginan untuk bertemu keluarga di kampung dapat berjalan dengan baik dan aman selama diperjalanan.

Kedua, jika pemudik membawa kendaraan sendiri harus mempersiapkan surat menyurat kendaraan, memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik sebelum melakukan perjalanan mudik. Kendaraan harus dicek fisik, supaya kendaraan tidak mogok di jalan.

Ketiga, perhatikan kesehatan badan saat ingin melakukan perjalanan jauh. Salah satu satunya yakni, menjaga stamina dan kebugaran tubuh. Cara menjaga tubuh tetap bugar yakni, pemudik harus memperhatikan waktu istirahat. Upayakan agar beristirahat dengan cukup.

Keempat, pemudik harus tetap mematuhi peraturan-peraturan lalu lintas selama berkendaraan. Jangan kebut-kebutan di jalan, karena keinginan mudik itu untuk mendapatkan kenyamanan bertemu keluarga. Agar kebahagian yang diinginkan bisa didapatkan.

"Kita harus melakukan persiapan untuk mendapatkan kenyamanan. Prinsipnya, lakukan mudik dengan kondisi fit dan sehat. Jadikan perjananan mudik menjadi menyenangkan," saran Kadishub Tajuddin.

Armada Bus Diperiksa
Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melakukan pengecekan kondisi angkutan transportasi darat. Kegiatan ini dilakukan jelang lebaran, sehingga bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pemudik

"Kita akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengecek kelayakan kendaraan umum yang akan digunakan mengangkut pemudik. Pengecekan dilakukan langsung ke sejumlah terminal," tegas Kadishub Tajuddin. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Adi Tri Saputra