Jumat Ini, Rapat Teknis Pelaksanaan Festival DesTIKa

Belitung Timur – Dijadwalkan, Jumat (8/5/2015) Kabupaten Belitung Timur menggelar rapat teknis pelaksanaan Festival Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi (DesTIKa). Sebab kemungkinan besar Festival Destika dilaksanakan Rabu 13 Mei 2015 mendatang. Jadwal pelaksanaan ini belum pasti, sebab masih menyesuaikan dengan agenda Joko Widodo Presiden RI.

Rencananya Presiden secara langsung meresmikan kegiatan yang digelar di Desa Lenggang, Kabupaten Belitung Timur tersebut. Mengingat pentingnya acara ini, pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika tetap mengharapkan kehadiran Presiden. Namun di tanggal yang sama Presiden sudah mempunyai jadwal pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Jakarta.

Kendati demikian, Pemda Kabupaten Belitung Timur tak patah semangat. Basuri Tjahaja Purnama Bupati Belitung Timur segera memanggil seluruh kepala SKPD untuk rapat teknis persiapan DesTIKa, Jumat 8 Mei 2015. Rencananya, sekitar pukul 10.00 WIB rapat tersebut digelar di ruang rapat kantor bupati.

“Kami siap menjadi tuan rumah launching ketiga Festival Destika. Sebelumnya kegiatan ini pernah dilaksanakan di Banyumas dan Majalengka. Memang tidak mudah memberi semangat kepada orang, akan tetapi itu menjadi tantangan untuk lebih maju," ungkap Bupati saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (7/5/2015).

Dishubkominfo harus segera mengontrol infrastruktur di seluruh wilayah Belitung Timur. Bupati berharap seluruh masyarakat dapat menyampaikan dan menerima informasi dengan cepat dan baik, termasuk masyarakat yang ada di pulau-pulau. Mengatasinya persoalan masyarakat ini menjadi tantangan, hendaknya dapat ditangani secara cepat.

“Kita akan segera mengirimkan surat ke Gubernur memohon dukungan dan partisipasi dalam pelaksanaan Festival DesTIKa. Saya sangat mengharapkan bantuan dari provinsi, khususnya Dinas Kominfo dan Dinas Perhubungan. Karena provinsi adalah ibu kita," ujarnya.

Kesumajaya Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Timur menambahkan, walaupun belum ada tanggal pasti pelaksanaan Festival DesTIKa tersebut, namun sudah melakukan persiapan yang menyangkut kegiatan, seperti kesiapan desa, home stay, transportasi, makan minum peserta, tenda, panggung dan lain sebagainya.

"Sesuai instruksi Kementerian, kami akan melakukan persiapan terkait kegiatan tersebut. Jadi atau tidak tanggal 13 nanti, pihak kabupaten sudah siap. Mudah-mudahan fix di tanggal tersebut," harap Kesumajaya.

Sementara Caesar Kasi Pos dan Telematika Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Timur saat rapat bersama tim Media Center Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (7/5/2015) menjelaskan, kendala persiapan kegiatan ini adalah waktu pelaksanaan yang sampai saat ini belum ada kepastian.

Karena masih menyesuaikan dengan jadwal kehadiran Presiden. Mengingat pentingnya acara ini, jelasnya, pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika tetap mengharapkan kehadiran Presiden. Namun belum ada kejelasan dari Mensesneg mengenai jadwal Presiden tanggal 13 Mei untuk hadir di Belitung Timur, mengingat pada tanggal itu Presiden sudah mempunyai jadwal pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Jakarta.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Fajrina
Editor: 
Huzari