Kadis Kominfo Babel Harap IJTI Babel Terus Angkat Potensi Daerah

SUNGAILIAT - Joko Setyawanto dilantik sebagai Ketua IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia) Pengurus Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2017-2020 oleh Indriyadi, Sekjen IJTI Pusat usai Musyawarah Daerah IJTI Babel, Kamis (02/11/2017) di ruang pertemuan Pantai Tongaci, Sungailiat.

IJTI merupakan salah satu organisasi profesi jurnalis yang diakui dan memiliki perwakilan di Dewan Pers. IJTI juga sejajar dengan PWI dan Aliansi Jurnalis Indonesia. IJTI Pengda Babel merupakan kepengurusan periode ke II setelah sebelumnya dipimpin oleh Agus Azhar.

Ditemui usai pelantikan, Joko mengatakan bahwa menurutnya, Musda ini juga telah memilih pengurus inti yang akan membantu tugas-tugas IJTI Pengda Babel, diantaranya Irwan Aulia dari Net TV sebagai Sekretaris dan Dwi Astri dari TVRI Babel sebagai Bendahara. 

Ditanyai terkait program kerjanya, Joko akan melakukan verifikasi aktual tentang keanggotaan IJTI Pengda Babel. Berdasarkan data Musda terakhir, keanggotaan berjumlah 40 orang yang aktif di TV Lokal, TV berjaringan dan Nasional. "Program saya sesuai dengan tema yaitu Jurnalis Pembebasan," ungkap Joko.

Lebih lanjut Joko mengatakan bahwa jurnalis televisi harus kembali ke marwahnya.

"Kami merupakan bagian dari harapan masyarakat," tambah Joko. Menurut Joko IJTI merupakan bagian dari masyarakat, dan salah satu yang mempunyai kebebasan berada pada diri jurnalis.

Program kerja lain yang menjadi target Joko adalah penguasaan dan penguatan organisasi dengan penyelesaian kartu anggota. Pasalnya kartu anggota hanya dikeluarkan IJTI pusat. 

Selain itu juga IJTI akan mengadakan workshop atau pelatihan-pelatihan yang merangkul mahasiswa dari Perguruan Tinggi jurusan multimedia. Pasalnya masih banyak  yang dapat dibagi kepada mereka seperti hal yang berkaitan dengan audio visual dan pemberitaan. "Babel masih sangat minim refrerensi tentang audio visual dan pemberitaan," ungkap Joko.

Disinggung tentang sinergitas dengan Pemerintah Daerah khususnya Dinas Kominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Joko mengatakan akan melakukan audiensi dengan Kepala Dinas Kominfo Babel agar terjalin kerjasama yang baik. "Kami sangat terbuka dengan bentuk kerjasama apapun dan dengan siapapun, terutama dengan Kominfo Bangka Belitung," tegas Joko.

Sudarman, Kepala Dinas Kominfo Babel ditemui usai pelantikan pengurus IJTI Babel mengapresiasi jurnalis Babel khususnya jurnalis televisi. "IJTI Babel agar mampu mengangkat dan menggali potensi Babel agar dapat terekspos secara optimal," harap Sudarman. Selain itu juga diharapkan agar setiap informasi yang digali harus dari berbagai sumber dan perlu validasi berita. "Harus dilakukan validasi terutama menyaring berita negatif yang sangat mudah menyebar," tutup Sudarman.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
Adit