Kejuaraan Menembak Perbakin Bangka, Ajang Pencarian Bibit Atlet Porprov 2018

PEMALI, BANGKA - Bupati Bangka H.Tarmizi H.Saat yang diwakili Asisten I Setda Bangka Drs. Arman Agus membuka Kejuaraan Menembak Perbakin Kabupaten Bangka pada Minggu (16/4/2017) di lapangan Tembak Anggit Shooting Club Desa Tutut Pemali Kabupaten Bangka.

Arman Agus mengatakan, Lomba Menembak yang digelar Perbakin Bangka adalah pencarian bibit atlet berprestasi yang nantinya akan diikutsertakan di Pekan Olahraga Provinsi Ke-V (Porprov V) Tahun 2018 nanti di Kabupaten Bangka Tengah dan sekaligus memeriahkan Hut Kota Sungailiat yang ke- 257. Melalui agenda ini, diharapkan seluruh atlet dapat mengikuti seluruh tahapan kejuaraan dengan semangat dan disiplin yang tinggi sehingga yang menjadi juara dapat diikutsertakan pada event tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Tingkat Nasional.

Pada kesempatan tersebut Arman menyampaikan harapan kepada Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka bahwa Lomba Menembak yang digelar Perbakin Bangka dapat dijadikan agenda rutin tahunan setiap bulan April sebagai bentuk dukungan terhadap Hari Ulang Tahun Kota Sungailiat yang jatuh setiap tanggal 27 April. Kejuaraan menembak ini diharapkan nantinya dapat dimasukan dalam agenda turnamen Bupati Bangka Cup.

Menurut Arman untuk saat ini olahraga menembak belum begitu memasyarakat karena seorang Sniper harus memiliki senjata. Untuk itu Arman berharap Pengurus Perbakin Kabupaten Bangka dapat menyediakan sarana yang dibutuhkan seorang atlet menembak. Kepada peserta, Arman berharap agar menjaga disiplin dan sportifitas supaya muncul atlet yang berprestasi. Dijelaskannya, seorang yang berprestasi harus selalu dalam semangat dan sportifitas yang tinggi.

“Saya titip kepada KONI agar kegiatan ini dimonitor dan seterusnya dibina, sehingga atlet yang mengikuti perlombaan ini akan menjadi andalan Kabupaten Bangka”, ujarnya.

Sementara itu Ketua Pengurus Cabang Perbakin Bangka H. Suharto SE,MM menjelaskan tujuan pelaksanaan Lomba Menembak yaitu untuk menumbuhkembangkan dan membina kebugaran raga para peserta, hingga timbul rasa sportifitas, sikap kompetitif dan sikap saling menghargai keberhasilan atas prestasi.

“Sebagai ajang seleksi tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Atlet Perbakin yang hadir ini merupakan aset daerah di masa yang akan datang, juga upaya dan langkah untuk menghadapi event Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang akan datang di Papua dan ini merupakan event yang pertama di gelar di kabupaten Bangka“ ungkap Suharto.

Lomba menembak tersebut diikuti oleh peserta dari Kategori Pelajar dan Kategori Umum se-Kabupaten Bangka serta perwakilan dari kabupaten/kota lainnya. Peserta Menembak tersebut seluruhnya berjumlah 50 Orang atlit Putra-Putri terbagi dalam Kategori kelas target jarak tembak 10 meter, Kelas Target dan Silhoute 30 meter serta Kelas Silhoute 33 meter.

Lomba berlangsung selama 1 (satu) hari pada Minggu tanggal 16 April 2017 di Lapangan tembak Tutut Pemali dengan memperebutkan hadiah total sebesar 7 juta rupiah dan senjata yang digunakan peserta yakni senapan Gas dan Pompa Caliber 4,5 mm.

Hadir dalam pembukaan Lomba menembak di antaranya Yakni Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Toni Marza, Koni Kabupaten Bangka yang diwakili Ketua II Ridwan, Kabag Humas dan PDE Kabupaten Bangka Boy Yandra serta Ketua Perbakin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Agus Lazuardi.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Muhammad Anshori
Fotografer: 
Muhammad Anshori