Kejurnas Ajang Mencari Pesepak Bola Terbaik

Pangkalpinang – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) ajang mencari pesepak bola terbaik, sehingga membutuhkan sportivitas kesebelasan. Pasalnya masa depan sepak bola Indonesia berada di tangan atlet kejurnas. Selanjutnya atlet berprestasi mempunyai kesempatan mewakili Indonesia di kejuaraan tingkat Asia.

Demikian dikatakan Muhammad Husen Staf Khusus Bidang Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI saat membuka Kejurnas Sepak Bola antar Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) dan PPLPD, di Stadion Depati Amir Pangkalpinang, Selasa 26 Mei 2015.

Sebanyak 15 kesebelasan dari berbagai provinsi mengikuti kejuaraan ini. Sebagaimana dijadwalkan, kegiatan tersebut berlangsung selama selama enam hari, terhitung mulai tanggal 26 hingga 31 Mei 2015. Pembukaan yang berlangsung di Stadion Depati Amir ini menghadirkan grup musik The Virgin.

Kejurnas PPLP merupakan bentuk pembinaan yang dilakukan daerah. Ia mengatakan, dengan pola permainan profesional diharapkan ke depan mampu melahirkan bibit-bibit pesepak bola berkualitas. Tentunya tidak hanya di tingkat nasional, melainkan juga di tingkat dunia. Saat ini Kemenpora komitmen memperbaiki sepak bola di tanah air.

Tak hanya itu. Sebab menurut Husen, Kemenpora berkomitmen mengelola sistem sapak bola sehingga dapat menjadikan atlet Kejurnas sebagai pemain profesional. Sarana berupa lapangan dan sportivitas dalam pertandingan sangat penting bagi kemajuan olahraga sepak bola. Lapangan rumput merupakan rumah utama, untuk itu harus semangat berlatih dan menjunjung sportivitas.

“Kita harap olahraga sepak bola berkembang lebih baik. Seluruh peserta yang bertanding agar tidak terpengaruh dengan dinamika sepak bola yang terjadi saat ini (polemik PSSI-red), tetap semangat dan berikan yang terbaik,” tegasnya.

Pernyataan senada disampaikan Fadli Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas Sepak Bola antar Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) dan PPLPD. Menurutnya, Kejurnas ini untuk mengukur keberhasilan pembinaan atlet di daerah dan sebagai media mencari pemain terbaik untuk mewakili Indonesia di kejuaraan tingkat Asia.

"Kejurnas untuk memberikan motivasi kepada atlet. Memandu atlet-atlet muda berbakat, sehingga mampu memberikan yang terbaik bagi bangsa di kejuaraan tingkat Asia," jelas Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tersebut.

Lebih jauh ia menegaskan, Kejurnas berlangsung dari tanggal 26 hingga 31 Mei mendatang. Terdapat 15 kesebelasan siap bertanding berasal dari Maluku, Maluku Utara, Sumut, Sumbar, Jateng, Sulsel, Papua, Riau, Aceh, DKI Jakarta, Kabupaten Bogor,  Sko Padang, Kabupaten Muba, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Pertamina Soccer School.

“Kita menggunakan tiga stadion sepak bola di antaranya, Stadion Depati Amir Pangkalpinang, Stadion Orom Sungailiat dan Stadion Koba Kabupaten Bangka Tengah,” paparnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari