Kemasan Menarik Dapat Meningkatkan Daya Jual

Pangkalpinang – Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah mendapatkan bimbingan teknis mengenai kemasan produk yang menarik dengan standar produk modern yang memiliki nilai tambah dimata konsumen, dan tampak sekali antusias para peserta untuk berpartisipasi pada siang hari itu.

Acara yang digelar oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia ini diadakan, karena sangat perduli dengan pertumbuhan pelaku usaha mikro, dan berusaha untuk membantu mengembangkan setiap UMKM daerah untuk dapat menjadi lebih maju, salah satunya yaitu dengan menyelenggarakan bimtek tersebut. Dan sebanyak 90 UMKM yang bergerak dibidang makanan, minuman dan kerajinan tangan di Bangka Belitung, menghadiri acara tersebut, yang di gelar di Hotel Bumi Asih Pangkalpinang pada tanggal 20 Maret 2013.

Turut hadir Plh Assisten Deputi Urusan Kemitraan Dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI Ir. Tita Djuwita,MM, kemudian Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Diskop dan UKM) Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ir. Budiman Ginting, Dipi,BE., MM, dan menghadirkan nara sumber yaitu seorang ahli packaging dari Universitas Pasundan Ir. Thomas Gozali.

Pada acara tersebut, Plh Assisten Deputi Urusan Kemitraan Dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI Ir. Tita Djuwita,MM menyampaikan sambutannya, perlu adanya upaya untuk pengembangan usaha, salah satunya adalah dengan menjalin kemitraan yang kokoh, antara pihak UMKM dengan usaha menengah atau usaha besar, dalam mewujudkan struktur ekonomi yang seimbang.

“Dalam kaitan ini kemitraan yang kami kembangkan searah dengan norma-norma ekonomi yang berlaku serta berlandaskan atas adanya kebutuhan dan keterikatan usaha yang saling memerlukan, saling mempercayai, saling memperkuat dan saling menguntungkan,” ungkapnya.

“Dan dalam rangka mengembangkan kemitraan ini, terutama di dalam sektor pemajangan ritel khususnya makanan dan minuman, maka kita akan bersama-sama memperbaiki kemasannya. Karena kita ketahui kemasan sangat penting dalam menghadapi era globalisasi, yaitu kemasan yang memiliki standar yang dapat diterima oleh masyarakat umum.” Lanjutnya.

Kepala (Diskop dan UKM) Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ir. Budiman Ginting, Dipi,BE., MM pun turut menyampaikan, bahwa pertumbuhan ekonomi yang ada di Bangka Belitung ditentukan oleh pelaku UKMKM, yang secara real sangat mempengaruhi kehidupan. Bahkan 98% perekonomian di Indonesia diserap oleh UKMKM.

Beliau pun berpendapat, bahwa sudah banyak produk –produk luar negeri yang sudah menyerbu pasar-pasar di Indonesia, yang artinya bahwa produk Indonesia akan berkompetisi dengan produk luar negeri di pasar, “Dan kita harus meningkatkan kualitas produk kita, salah satunya dengan cara di make-up, kemasannya dipercantik, karena saat ini kemasan merupakan daya tarik dalam persaingan pasar.” ujarnya.

Opini mengenai kemasan yang baik dan bagus dapat meningkatkan daya jual pun dikemukakan oleh pemateri Ir. Thomas Gozali. Menurut beliau sebuah kemasan produk beras, yang hanya karena dikemas dengan sangat baik akan merubah harganya menjadi lebih tinggi.

Ia mengatakan hal tersebut berdasarkan survey dilapangan, bahwa para pembeli masuk ke Super Market, spontan membeli sebuah produk karena kemasannya. Karena hanya dengan kemasan, hal tersebut dapat membuat orang memiliki persepsi bahwa kemasan yang bagus, akan memperlihatkan bahwa produk tersebut memiliki kualitas yang bagus, walau ada produk sejenis disebelahnya, hanya saja dikemas dengan sangat sederhana.

Selain itu, Ia mengungkapkan, kenapa kemasan begitu sangat penting untuk diperhatikan? Karena dengan kemasan yang baik, maka dapat mempertahankan isi kemasan agar tetap bagus, dan tidak mudah rusak.(K5/TMC)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo